Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Lahan Kosong Terbakar, 10 Kamar Kos Ikut Ludes

03 Agustus 2019, 13: 58: 32 WIB | editor : Wijayanto

SEMPAT MEMBARA: Petugas PMK Kota Surabaya berusaha memadamkan api yang awalnya dari lahan kosong hingga merembet membakar rumah kos.

SEMPAT MEMBARA: Petugas PMK Kota Surabaya berusaha memadamkan api yang awalnya dari lahan kosong hingga merembet membakar rumah kos. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Berawal dari kebakaran lahan kosong, membuat api merambat dan membakar 10 kamar kos di jalan Tambak Asri Gang Masjid, Krembangan, Jumat (2/8) dinihari. Tempat kos milik Mike, 45, tersebut terbakar habis.

Beruntung sebelum memabakar kamar kos tersebut para penghuninya sudah keluar dan beberapa membawa barang berharganya untuk diselamatkan. Sebanyak 19 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi dan membantu pemadaman.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya Bambang Vistadi mengatakan, kejadian kebakaran tersebut dilaporkan sekitar pukul 01.38. Awalnya berita yang didapat hanya lahan kosong saja saat ke lokasi ternyata api juga merambat ke bangunan kos milik Mike ini.

Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan menjangkau lokasi kebakaran. Ini disebabkan akses jalan yang sempit sehingga api tidak bisa cepat dipadamkan. “Jalanannya sempit sehingga unit sulit menjangkau sampai ke lokasi. Kami menyiasati pemadaman dari pintu keluar tol Dupak dengan menyambung selang sampai ke lokasi,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, dari keterangan warga sekitar diduga api berasal dari ban yang tersimpan di lokasi tanah kosong. Api diduga berasal dari lokasi tersebut hingga membesar membakar lahan dan akhirnya api merambat ke rumah kos. “Api cepat merambat dan membakar apalagi anginnya lumayan kencang,” ujarnya.

Sementara Kapolsek Krembangan Kompol Esti Setijah Oetami menuturkan, kamar yang terbakar sebanyak 10 unit. Semuanya ada penghuninya namun keluar saat api hendak membakar tempat kos. Api membakar bagian bawah tempat kos dua lantai ini.

Untuk lantai dua tidak sampai terbakar karena berhasil dipadamkan petugas PMK yang datang ke lokasi. Mengenai penyebab kebakaran pihaknya masih melakukan penyelidikan. Termasuk mengenai sumber api belum diketahui secara pasti.  “Kami masih menyelidikinya, mengenai kerugian belum bisa dipastikan,” tegasnya. (gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia