Sabtu, 21 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Taklukkan Persipura 1-0, Persebaya Sodok Lima Besar Liga 1

03 Agustus 2019, 13: 17: 05 WIB | editor : Wijayanto

GOLEADOR: Irfan Jaya mencetak satu-satunya gol Persebaya di laga lawan Persipura.

GOLEADOR: Irfan Jaya mencetak satu-satunya gol Persebaya di laga lawan Persipura. (NET/PERSEBAYA.ID)

Share this      

Surabaya - Persebaya Surabaya berhasil merangsek ke peringkat kelima klasemen sementara Liga 1/2019 setelah mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor tipis 1-0 dalam laga kandang di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat malam (2/8). Gol tunggal The Green Force dilesakkan mesin gol Irfan Jaya di menit ke-32.

Pemain timnas ini mencetak gol lewat sundulan menyambar umpan silang dari Mokhamad Syaifuddin. Namun, Persebaya harus kehilangan bek tangguh Hansamu Yama Pranata di injury time setelah mendapatkan kartu kuning kedua karena dinilai wasit mengolor waktu pertandingan.

Bermain di hadapan puluhan ribu suporte Bonek, Persebaya tampil menekan sejak menit awal. Tim arahan Djadjang Nurdjaman itu mengandalkan tridente penyerang Osvaldo Haay, Irfan Jaya, dan Amido Balde.

Persebaya sempat mendapat peluang di menit ke-7. Namun sepakan Misbakus Solikin di kotak penalti Persipura masih melambung di atas mistar gawang yang dikawal Dede Sulaiman.

Persebaya kembali mendapat peluang emas di menit ke-24 berkat kesalahan Dede Sulaiman mengontrol bola. Bola sundulan Dede mendarat di kaki Irfan Jaya yang langsung melepaskan bola lob ke gawang yang sudah kosong. Sayang, placing dari Irfan Jaya masih terlalu tinggi.

Gol bagi Bajul Ijo hadir di menit ke-32 saat Irfan Jaya mendapat peluang kedua. Pemain mungil ini sukses menanduk bola umpan silang Mokhammad Syaifuddin dari sisi kanan. Persebaya pun memimpin 1-0 atas tim Mutiara Hitam asuhan Jacksen F Tiago.

Tertinggal satu gol, Persipura berusaha mengejar dengan memasukkan beberapa pemain inti. Namun hingga menjelang turun minum, Boaz Salossa dkk tak mampu menembus gawang Persebaya yang dijaga Miswar Saputra. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya pun bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua dimulai, Persipura berusaha menguasai pertandingan dan bertekad menyamakan kedudukan. Pemain pengganti, Titus Bonai, nyaris menyamakan kedudukan namun sundulannya masih melebar. Pun sepakan Oh In-kyun yang berdiri bebas di kotak penalti disusul peluang dari Mandowen tak mampu mencetak gol.

Hingga laga berakhir, tak ada lagi gol tercipta. Persebaya pun menang 1-0 atas tamunya, Persipura Jayapura. Hasil ini membuat tim kebanggan warga Surabaya itu melesat ke peringkat lima klasemen dengan poin 17 dari 12 pertandingan. Sementara Persipura masih tertahan di posisi ke-14 dengan 10 angka dari 10 pertandingan. (sam/jay)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia