Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Penyedia Layanan Internet Bidik UMKM

03 Agustus 2019, 06: 09: 38 WIB | editor : Wijayanto

MENUNGGU: Para pelanggan sedang menunggu antrian pendaftaran layanan internet di kantor Telkom.

MENUNGGU: Para pelanggan sedang menunggu antrian pendaftaran layanan internet di kantor Telkom. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibidik penyedia layanan internet. Salah satunya caranya dengan menawarkan layanan dengan keperluan usaha secara door to door.

Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) Gresik Yusuf Budi Mulya mengatakan dari total pelanggan Telkom di wilayah Gresik, 20 ribu atau sekitar 30 persen merupakan pelanggan UMKM. Sisanya, segmen residensial. 

“Pertumbuhan UMKM yang semakin pesat menjadi angin segar bagi kami,” kata Yusuf.

Ditargetkan, pada tahun depan pihaknya bisa menambah minimal 10 ribu pelanggan dari berbagai segmen. Setiap bulan jumlah pengajuan pelanggan baru mencapai 2.500 pelanggan. 

“Kendala di lapangan macam-macam. Ada wilayah yang belum ada jaringannya atau tergolong baru, juga karena personil yang terbatas sehingga pendaftar menunggu,” tuturnya.

Sementara itu, Marketing First Media Area Gresik Lia Cahya Ningrum mengungkapkan semester I/201, pertumbuhan pelanggan cukup memuaskan. Segmen pelaku bisnis memberikan kontribusi yang cukup signifikan.

“Segmen wirausaha seperti toko pakaian dan aksesoris wanita banyak memilih paket. Itu untuk menunjang bisnisnya supaya berkembang,” ujar Lia.

Untuk sementara ini, persebaran pelayanan internet hanya bisa dinikmati di wilayah Kecamatan Manyar, Kebomas dan Gresik. Pihaknya berkomitmen untuk terus menambah jaringan guna memperluas pengusaan pangsa pasar.

“Strategi yang kami lakukan dari memberikan bonus hingga berbagai kemudahan layanan. Kami juga melakukan open table di beberapa titik keramaian masyarakat agar produk yang ditawarkan semakin familiar,”tandasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia