Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Sidoarjo

Disperindag Dorong Penggunaan Gas di Rumah dan Bisnis

02 Agustus 2019, 18: 19: 28 WIB | editor : Wijayanto

EFEKTIF: Salah satu restoran di kawasan Taman Pinang yang sudah menggunakan gas bumi.

EFEKTIF: Salah satu restoran di kawasan Taman Pinang yang sudah menggunakan gas bumi. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo terus mendorong agar pemanfaatan gas di Sidoarjo terus meningkat. Tidak hanya untuk gas rumah tangga tetapi juga untuk pelanggan komersil. Misalnya, restoran.
Saat ini pemanfaatan gas didominasi oleh gas rumah tangga. “Manfaatnya sangat besar bagi masyarakat,” kata Kepala Disperindag Tjarda.

Dia mengungkapkan, pemanfaatan gas bumi untuk pelanggan komersial seperti restoran, hotel dan rumah sakit juga jadi target. Di Sidoarjo, pelanggan komersial yang telah menikmati manfaat gas bumi ada sekitar 9 pelanggan, salah satunya adalah Qen-ndi Garden Resto & Grill. “Jika semua memanfaatkan gas bumi akan sangat efisien dan efektif,” ujarnya.

Restoran di Taman Pinang Indah ini telah tersambung dan teraliri gas bumi sejak bulan November 2018. Dan restoran ini termasuk pelanggan komersial yang pertama di Sidoarjo. Ada banyak kemanfaatan yang dirasakan oleh pihak restoran sejak menggunakan gas bumi. Selisih biaya bahan bakar elpiji dengan gas bumi sangat besar, efisiensinya bisa mencapai sekitar 70 persen.

Sales Area Head PGN Sidoarjo Agus Mustofa Hadi mengatakan, PGN terus berupaya memperluas jangkauan agar seluruh masyarakat bisa menikmati energi baik gas bumi.

Saat ini, jumlah pelanggan komersial di Sidoarjo memang masih sekitar sembilan perusahaan karena penetrasi ke pelanggan komersial baru dilakukan PGN Area Sidoarjo di tahun 2018. Yaitu di area Taman Pinang. “Saat ini ada sekitar 10 pelanggan komersial baru di Taman Pinang yang telah mengajukan pemasangan gas bumi,” ungkapnya.

Harapannya, keinginan seluruh segmen masyarakat bisa terlayani gas bumi. "Keinginan kedua yaitu membantu pemerintah untuk melaksanakan konversi dari elpiji ke gas bumi sehingga bisa menekan angka subsidi," tegasnya. (far/vga)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia