Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo

Wisata Tlocor Berbenah, Berharap Tingkatkan Perekonomian Warga Sekitar

02 Agustus 2019, 11: 24: 03 WIB | editor : Wijayanto

SEJUK: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (kiri) bersama Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan saat melihat kondisi di dermaga Tlocor.

SEJUK: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (kiri) bersama Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan saat melihat kondisi di dermaga Tlocor. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Pengembangan kawasan Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon sebagai tujuan wisata terus dikembangkan. Sarana penunjang ditingkatkan agar banyak pengunjung datang.

SATRIA NUGRAHA-Wartawan Radar Sidoarjo

Empat speed boat dan dua kendaraan air terparkir di dermaga Tlocor, Kamis (1/7) siang. Tangga dermaga yang sebelumnya rusak parah dan berkarat telah diperbaiki. Pagar besi warna biru juga telah dipasang mengelilingi dermaga di ujung timur Kecamatan Jabon tersebut.

Jogging track juga sudah terbangun di sisi barat. Deretan bangku untuk duduk wisatawan saat menunggu perahu di muara Sungai Porong juga telah disediakan. “Enam bulan lalu belum begini. Tangga dermaga dulu hancur. Sekarang enak. Ada tempat duduk juga,” ujar Suratno warga Desa Lajuk Kecamatan Porong.

Penghobi memancing ini juga tidak perlu khawatir saat lapar. Deretan warung makanan juga tersedia di sekitar dermaga. Ikan bakar juga disediakan di timur dermaga Tlocor.

Camat Jabon M Aziz Muslim mengatakan, salah satu wilayahnya ini memang mempunyai potensi wisata bahari yang layak dikembangkan. “Wisatawan bisa menikmati suasana muara Sungai Porong dan bisa berperahu menuju pulau Lumpur Sidoarjo,” terangnya.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, Cipta Karta dan Tata Ruang Sidoarjo Sulaksono mengatakan pengembangan wisata harus dilakukan bersama. “Dinas lain seperti Disporapar, UMKM juga harus masuk. Kami akan menunjang soal prasarana karena ini potensial sekali,” terangnya.

Bupati Saiful Ilah yang menyempatkan melihat dermaga Tlocor bersama Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan  juga berharap kawasan wisata itu terus berkembang. “Semoga potensi wisata disini bisa megangkat perekonomian warga,” harap Abah Ipul panggilan akrab Saiful Ilah.

Untuk naik perahu ke pulau Lumpur, wisatawan cukup merogoh kocek Rp 15 ribu per orang. Di dermaga Tlocor telah disediakan loket pembelian tiket yang dikelola kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sebelum naik perahu pengunung juga dilengkapi penunjang keselamatan dengan memakai pelampung. “Kami akan terus suport untuk pengembangan wisata di Tlocor karena sangat potensial,” sebut Abah Ipul. (*/vga)

(sb/sat/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia