Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Meriahnya Pilkades Gresik, Diarak Delman dan Berbusana Pengantin

01 Agustus 2019, 08: 32: 10 WIB | editor : Wijayanto

Meriahnya Pilkades Gresik, Diarak Delman dan Berbusana Pengantin

GRESIK - 264 desa di Kabupaten Gresik malakukan Pilkades serentak pada Rabu (31/7). Dari beberapa desa tersebut ada pasangan suami istri (pasutri) yang maju untuk memperebutkan kepala desa.

Salah satunya Kepala Desa (Kades) Giri Kecamatan Kebomas. Dua calon Kades Giri bernama Khusnul Falach SE dan Nur Khamidah merupakan pasangan suami istri (pasutri).

Diawali dengan doa, kedua pasangan calon kepala desa (cakades) Giri Kecamatan Kebomas Gresik itu berangkat ke TPS dengan naik delman. Dua cakades itu tampak semangat dengan diiringi dengan pendukung masing masing. 

(YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Keduanya naik delman yang berbeda dengan berpakaian adat Giri hasil UMKM Giri bermotif blimbing wuluh. Iringan musik hadrah menyambut mereka saat memasuki TPS di kantor Desa. 

Sebagai kades petahana Khusnul Falach mengaku tidak keberatan istrinya maju. Dia berharap program yang sudah berjalan bisa diteruskan dan dikembangkan.

“Saya sangat mengapresiasi istri saya mau maju demi keberlangsungan tahapan pilkades di sini. Semua demi Desa Giri,” ungkap Khusnul.

Dengan menggunakan baju pengantin warna putih, Khusnul dan istri Nur Khamidah berangkat beriringan. 

Cakades nomor urut dua Nur Khamidah mengatakan tidak percaya harus maju menjadi cakades. Namun, Khamidah terpaksa karena tidak ada calon lain.

“Antara percaya dan tidak saya harus maju. Siapapun yang yang menang saya tetap akan jadi bu kades,” kata Khamidah sambil tertawa. 

Khamidah merasa bahagia dengan Pilkades itu. Momen itu juga ia anggap sebagai Hari Ulang Tahun  (HUT) pernikahan mereka yang ke-25 tahun. “Jadi tidak repot repot bikin pesta pernikahan. Kapan lagi HUT pernikahan dirayakan satu desa kayak gini,” imbuh Khamidah.

Kedua cakades duduk di atas  panggung yang dihias dengan bunga dan sofa ala pengantin. Keduanya terus tersenyum dan menyalami para pemilih layaknya pengantin yang menyambut tamu undangan. 

Pilkades di desa Giri dihadiri 1801 dari 2970 daftar pemilih tetap dari lima Rukun Warga (RW). Di sela sela menunggu giliran ada pembagian doorprize bagi warga yang datang ke TPS. Kegiatan Pilkades di Desa Giri berjalan damai.

Apalagi, para pendukung kompak memakai baju adat khas Giri. Kedua cakades itu pun dalam menyampaikan visi misi yang saling berkesinambungan.

Selain Giri, beberapa desa yang cakadesnya pasutri adalah Desa Suci, Pongangan, Duduksampeyan, Benjeng dan lainnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia