Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Persiapan Pelantikan, KPU Serahkan Dokumen Caleg ke Bupati

26 Juli 2019, 23: 46: 37 WIB | editor : Wijayanto

PERSIAPAN: Divisi Teknis KPU Sidoarjo Miftakul Rohmah (dua dari kanan) saat menyerahkan berkas caleg terpilih ke Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini (tiga dari kiri).

PERSIAPAN: Divisi Teknis KPU Sidoarjo Miftakul Rohmah (dua dari kanan) saat menyerahkan berkas caleg terpilih ke Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini (tiga dari kiri). (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - KPU Sidoarjo telah menyerahkan berkas penetapan 50 calon legislatif (caleg) DPRD Sidoarjo terpilih ke Bupati Sidoarjo. Penyerahan berkas itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo Achmad Zaini.

Melalui Bupati Sidoarjo nantinya berkas tersebut akan dikirim ke Gubernur Jawa Timur sebagai salah satu syarat usulan dilakukannya pelantikan 50 caleg terpilih. Setidaknya ada beberapa berkas yang diserahkan oleh KPU. Di antaranya SK penetapan hingga berita acara penetapan. "Ada juga suratnya KPU RI dan suratnya Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Divisi Teknis KPU Sidoarjo, Miftakul Rohmah.

Nantinya, ke 50 caleg terpilih tersebut akan dilantik oleh Pemprov Jawa Timur. Pelantikan diperkirakan akan dilakukan pada 21 Agustus mendatang. Namun, apakah nanti ada perubahan jadwal pelantikan atau tidak, Miftakul mengatakan jika hal itu bukan kewenangan dari KPU Sidoarjo. “Karena tugas kita sudah selesai setelah proses penyerahan berkas ke Pemkab,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman mengatakan, sebelum berkas tersebut diserahkan ke bupati, dirinya harus menandatangani berkas ke 50 caleg tersebut terlebih dahulu. Bahkan penandatanganan berkas itu dilakukan cukup lama. Sebab untuk satu berkas caleg, jumlah halaman yang harus ditandatangani cukup banyak.

Setelah proses penandatangan itu selesai, anggota KPU langsung melakukan packing berkas, sebelum akhirnya diserahkan ke Bupati Sidoarjo Saiful Ilah melalui Sekretaris Daerah (Sekda). 

Sebelumnya, KPU juga telah melakukan rapat pleno. Dalam penetapan tersebut, setidaknya ada sembilan partai politik yang berhasil meraih kursi di DPRD Sidoarjo. Yakni, PKB 16 kursi, PDIP sembilan kursi, Gerindra tujuh kursi, Golkar empat kursi, PAN lima kursi, PKS dengan empat kursi, Demokrat dan Nasdem dua kursi serta PPP dengan satu kursi. (far/vga)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia