Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Jembatan Lama Ambruk, Warga Balonggabus Minta Dibangunkan Jembatan

25 Juli 2019, 16: 11: 39 WIB | editor : Wijayanto

HARUS MEMUTAR: Jembatan di Desa Balonggabus, Kecamatan Candi yang ambruk.

HARUS MEMUTAR: Jembatan di Desa Balonggabus, Kecamatan Candi yang ambruk. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Supriadi nampak terkejut. Dengan mengendarai motor, ia sebenarnya ingin menyeberangi sungai lewat jembatan di Desa Balonggabus, Kecamatan Candi. Namun, usaha itu gagal. Jembatan yang sebelumnya merupakan jalur langganannya itu ambruk.

Jembatan yang rusak itu terletak sekitar 0,5 kilometer di selatan jalan utama perbatasan Desa Balonggabus dan Balongdowo Kecamatan Candi. Lebarnya hampir dua meter dengan panjang 25 meter. 

Sobirin salah satu warga RT 4/RW II Desa Balonggabus mengungkapkan, pembuatan jembatan tersebut memang sudah cukup lama. “Tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Tiba-tiba roboh,” ujar Sobirin yang rumahnya dekat dengan jembatan. 

Ia menambahkan, jembatan ini sebelumnya merupakan jalur alternatif dari Desa Balongdowo dan Desa Balonggabus menuju Desa Ngaban Kecamatan Tanggulangin.

Ia dan beberapa warga menduga robohnya jembatan yang dicat merah dan putih ini karena arus air yang deras. “Warga juga kaget untung pas gak ada yang lewat,” ucapnya. 

Sementara itu, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sidoarjo Judi Tetrahastoto mengungkapkan, jembatan yang roboh di Desa Balonggabus tersebut merupakan jembatan yang dibangun dari swadaya warga setempat. Kemarin ia melihat langsung kondisi jembatan tersebut.

“Konstruksinya memang sangat sederhana. Jembatan hanya disangga oleh beberapa pipa paralon yang dicor,” ujarnya. 

Menurutnya, jembatan ini hanya layak dilewati oleh orang saja. Namun, motor juga seringkali melintas. Celakanya beberapa mobil pikap juga nekat menyeberangi jembatan ini.

Warga juga sudah berkirim surat untuk meminta bantuan pembangunan jembatan lagi oleh Pemkab Sidoarjo. “Akan kita akomodir usulan dan diperhatikan,” pungkasnya. (sat/vga) 

(sb/sat/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia