Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Kartu Kusuka Miliki Segudang Manfaat untuk Nelayan

19 Juli 2019, 20: 24: 47 WIB | editor : Wijayanto

SIMBOLIS: Penyerahan Kartu Kusuka kepada nelayan di Kantor Penyuluh Perikanan Sidayu, Jumat (19/7).

SIMBOLIS: Penyerahan Kartu Kusuka kepada nelayan di Kantor Penyuluh Perikanan Sidayu, Jumat (19/7). (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - Setelah sukses mendistribusikan Kartu Tani, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Gresik kini membagikan kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Untuk tahap awal kartu Kusuka dibagikan kepada 875 nelayan di  Kantor Penyuluh Perikanan Sidayu, Jumat (19/7). 

Pemimpin Bank BNI Cabang Gresik Faizal Isnaeni melalui Pemimpin Bidang Pemasaran dan Bisnis Dwi Suhartono mengatakan kartu Kusuka yang dibagikan itu merupakan hasil kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dengan Bank BNI. “Kartu Kusuka ini banyak manfaat untuk nelayan,” ungkap Dwi.

Dikatakannya, pembagian kartu Kusuka KKP tidak hanya nelayan, namun orang yang bekerja di bidang perikanan dan terdaftar di KKP punya kesempatan mendapatkan kartu tersebut.

PEDULI NELAYAN: Pemimpin Bank BNI Cabang Gresik Faizal Isnaeni.

PEDULI NELAYAN: Pemimpin Bank BNI Cabang Gresik Faizal Isnaeni. (ISTIMEWA)

"Jika ada bantuan dari KKP, kartu Kusuka ini menjadi syarat. Selain itu, juga berfungsi sebagai pengenal diri, asuransi bahkan ATM yang bebas iuran administrasi bulanan,” katanya.

Dengan demikian, pihaknya berkomitmen menyalurkan kartu Kusuka secara bertahap dan tepat sasaran. Rencananya, BNI akan membagikan 1.000 kartu Kusuka. 

“Selain di Gresik, kami akan membagikan kartu ini untuk nelayan di wilayah Lamongan. Kami mohon dukungan dari semua pihak agar dalam penyaluranya tidak menemui kendala,” tegasnya. 

Sekretaris Dinas Perikanan Gresik Samsul Hidayat menyambut gembira adanya program kartu Kusuka yang digagas KKP dan PT BNI (Persero). Dia berharap seluruh nelayan Gresik yang jumlahnya mencapai 10.500 orang dapat memanfaatkan kartu sebaik mungkin.

“Selain nelayan, pelaku budidaya dan pengelolaan perikanan juga akan menerima kartu Kusuka. Di Gresik jumlahnya kurang lebih mencapai 23.249 orang yang bergerak di bidang perikanan. Saya berharap BNI Gresik bisa membagikan kartu Kusuka agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh nelayan,” kata Samsul. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia