Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Bank Sampah untuk Balita dan Dewasa

18 Juli 2019, 16: 43: 36 WIB | editor : Wijayanto

LAYAK DICONTOH: Suasana bank sampah Syariah Sumringah Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Rabu (17/7).

LAYAK DICONTOH: Suasana bank sampah Syariah Sumringah Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Rabu (17/7). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Ibu-ibu PKK Desa Ngampelsari memiliki inovasi membuat bank sampah “Syariah Sumringah”. Sejak digagas di tahun 2014, kini nasabahnya sudah mencapai lebih dari 300 orang.

Menariknya, nasabah tersebut berasal dari berbagai wilayah dan berbagai usia. Balita, anak-anak hingga dewasa yang tidak hanya berasal dari warga setempat. Ada sejumlah warga dari desa lain, ikut menjadi nasabah bank di tempat tersebut.

"Sejak didirikan, sudah banyak diminati. Malah, ada ibu-ibu yang mengantar anaknya ikut posyandu, mendaftarkan anaknya menjadi nasabah," kata Bendahara bank sampah Syariah Sumringah, Peni Susanti.

Bank sampah Syariah Sumringah memiliki peraturan bagi para nasabah. Seperti, pelayanan per minggunya, hanya buka hari Rabu, dan per dua minggu buka hari Sabtu. Sedangkan, nasabah yang akan mengambil uang tabungannya, harus menyisakan saldo Rp 10 ribu saja.

Tidak seperti di bank konvensional, dengan mengusung konsep syariah ini, bank sampah Syariah Sumringah tidak memberlakukan bunga bank di setiap jumlah uang yang ditabung nasabah.

Di sana menyediakan dua jenis buku tabungan. Yaitu tabungan bagi masyarakat umum dan tabungan junior untuk balita atau di bawah umur lima tahun.

“Alhamdulillah, mayoritas mereka rajin menabung. Kami juga bantu mendorong mereka agar tidak sampai putus nabungnya," tambah Peni.

Dengan motto “Hidup Lebih Bersih dan Hari Esok Lebih Baik”, para nasabah sangat antusias ikut menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Nasabah menyambut baik program yang sudah lama berdiri itu. Tercatat, sebelum disetor ke tengkulak sampah, sampah yang terkumpul bisa mencapai 1 ton setiap bulannya.

"Setiap nasabah kami layani semaksimal mungkin. Apalagi, kami juga sediakan layanan pengambilan sampah, bagi sepuluh penelpon pertama. Gratis," ungkapnya. (rpp/vga)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia