Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Kesengsem Istri Muda, Gak Pernah Lagi Pulang Ke Istri Tua

18 Juli 2019, 05: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Share this      

Untuk para suami yang suka poligami, istri muda memang lebih menggemaskan. Tapi, mbok ya jangan lupa diri. Ingat, kalian bisa nikah lagi gara-gara kerelaan dari istri pertama yang sebenarnya nguat-nguatno ati. 

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Alasan di ataslah yang dijabarkan Karin, 41, dalam berkas gugatan cerainya. Ia sudah tak tahan lagi dianggurkan oleh Donwori, 47. Yang terlalu betah tinggal bersama istri mudanya. Hingga tak pulang-pulang. "Mentang-mentang luweh empuk, betah si Wori iku. Sampek lali omah," gerutu Karin di kantor pengacara yang berpraktik di samping Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya, kemarin (16/7). 

Sudah tujuh bulan Donwori mempersunting Sephia, 38, istri mudanya. Sejak saat itu, Donwori tinggal dengan istri mudanya. Alasannya karena masih pengantin baru. Ingin honeymoon tanpa melukai perasaan Karin. Itulah mengapa Donwori menginap di rumah mbok enomnya. 

Awalnya, Karin setuju saja. Karena sejak awal, Donwori sudah membesarkan hatinya dengan janji akan pulang seminggu beberapa kali. Di awal-awal, Donwori menepati janjinya. Tapi, lama kelamaan mblegadus. Donwori semakin jarang pulang. Andaikan pulang pun tak pernah lama. Semalam saja tak ketemu mbok enomnya, sudah gelisah saja perilakunya. Hingga akhirnya, sudah empat bulan Donwori tak mau pulang. "Nelangsanya ya pasti lah, Mbak. Sampeyan bayangne dewe, bojoe sampeyan mesra-mesraan sama perempuan lain. Sing sampeyan ngerti sopo wonge. Mbayangne mereka aneh-aneh. Tapi, ajenge ngamuk ya gak iso," curhatnya. 

Jika jujur-jujuran, sebenarnya Karin tidak rela Donwori menikah lagi. Hatinya hancur ketika suatu saat Donwori pulang dengan Sephia,  yang tak ia kenal sebelumnya. Bawa bayi orok lagi.

Waktu itu, Donwori mendudukkan ia dan Sephia di ruang tamu. Dan dengan entengnya berkata akan poligami. Dengan Sephia yang rupanya sudah dinikahi secara siri setahun terakhir oleh Donwori.

Begitu kata-kata itu muncul, hati Sephia remuk redam. Ia marah, tak terima  dengan keputusan semena-mena Donwori. Ia bahkan reflek mengusir si Sephia dari rumah. 

Beberapa hari kemudian, Donwori getol membujuknya. Berjanji akan tetap adil dan setia meski menikah lagi. Namun kata-kata manis itu tak cukup menggerakkan hati Karin. 

Merasa cara halusnya tak mempan, Donwori mulai menggunakan cara kasar. Sekuat apa pun Karin menolak, Donwori akan tetap menikah. Donwori berkata kepada Karin, kalau tidak setuju ia boleh hengkang dari rumah dan mengajukan cerai. Asalkan membawa serta anaknya. Atau tetap dinafkahi, tapi rela dipoligami. 

Waktu itu, ia memilih opsi kedua. Mengingat anaknya masih butuh bapak untuk membiayai sekolah. Ia tetap tak rela, hanya saja Karin bungkam. 

Namun kesabarannya tak bisa ia tahan lagi ketika tahu janji suaminya palsu. Yang katanya adil, rupanya tidak. Sakit hati membuat badannya juga sakit. Hingga didesak oleh anaknya sendiri untuk bercerai saja.  "Ya apa-ya apa kan dia bapake. Ya kudu tetep mbiyayai lah. Wong punya anak lagi aja masih mampu," ujar Karin. (*/opi) 

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia