Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Kantor Uji Kir Dibongkar, Gresik Kehilangan Pendapatan Rp 2,1 M

17 Juli 2019, 17: 05: 55 WIB | editor : Wijayanto

DIBONGKAR: Kantor uji kir milik Dishub Gresik segera dibongkar Pemprov Jatim dan  dibangun KB Samsat.

DIBONGKAR: Kantor uji kir milik Dishub Gresik segera dibongkar Pemprov Jatim dan dibangun KB Samsat. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik terancam kehilangan pendapatan dari sektor uji kir. Pasalnya, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim bakal membangun Kantor Samsat di lokasi tersebut. Dishub diberi waktu 3 bulan untuk segera hengkang dari kantor tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, Dishub Gresik telah diundang rapat Pemprov Jatim terkait rencana pembongkaran kantor Uji Kir dan rencana pembangunan Kantor Bersama (KB) Samsat. Saat ini, Pemprov Jatim telah menunjuk PT Breins Veri sebagai kontraktor pembangunan.

Kondisi ini membuat Dishub kebingungan. Pasalnya, rencana pembangunan kantor uji kir baru di Kecamatan Cerme belum selesai dilakukan. Selain itu, rencana pembangunan yang dilakukan Pemprov juga tidak pernah dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Gresik.

Kepala Dishub Kabupaten Gresik Nanang Setiawan mengatakan Bupati Gresik pada 2018 lalu telah mengajukan perpanjangan penggunaan asset Kantor Uji Kir kepada Pemprov Jatim. Namun, hingga saat ini belum ada balasan. “Tiba-tiba kami mendengar kabar kalau mau dibongkar tahun ini untuk dibangun Samsat,” ujarnya.

Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran Rp 9 miliar untuk membangun kantor KB Samsat. Kontraknya juga sudah ditetapkan. “Iya sudah, anggarannya siap dan kontraktornya juga sudah survey lokasi,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya akan melaporkan hal ini kepada Bupati Gresik terlebih dahulu. Kebijakana apa yang nanti akan diambil terkait kondisi ini. “Saya belum bisa pastikan bagaimana langkah selanjutnya. Menunggu intruksi pak bupati dulu,” terangnya.

Sebagai catatan, rencana pembangunan kantor KB Samsat di lokasi Kantor Uji Kir Dishub Gresik sebenarnya sudah direncanakan sejak 2015 lalu. Namun, karena Gresik belum menyiapkan lahan baru akhirnya rencana tersebut dipending.

Pemkab Gresik kemudian mencari lahan untuk pembangunan kantor uji kir baru. Lokasinya berada di Kecamatan Cerme. Karena tak kunjung dibangun, akhirnya Pemkab pada 2018 lalu kembali mengajukan perpanjangan pinjam pakai asset kantor uji kir saat ini hingga 2023. Namun surat tersebut tidak pernah dijawab oleh Provinsi dan tiba-tiba muncul rencana pembongkaran. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia