Rabu, 21 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Pasang Police Line, Polisi Buru Pemilik Limbah B3 Ilegal

17 Juli 2019, 01: 14: 10 WIB | editor : Wijayanto

DIPOLICE LINE: Kanit Tipiter Iptu Igo Fazar Akbar didampingi Wawan, pejabat sementara lepala Desa Kisik dan anggotanya saat memasang police line di TK

DIPOLICE LINE: Kanit Tipiter Iptu Igo Fazar Akbar didampingi Wawan, pejabat sementara lepala Desa Kisik dan anggotanya saat memasang police line di TKP. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Unit Tipiter Polres Gresik gerak cepat melakukan penyelidikan terhadap kasus pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) secara ilegal di wilayah Kecamatan Bungah. Polisi telah memasang police line di lokasi pembuangan limbah.

“Kami sudah pasang police line di lokasi yang sudah dipastikan masuk Desa Kisik, Kecamatan Bungah,” ujar Kanit Tipiter Polres Gresik Iptu Igo Fazar Akbar mewakili Kasat Reskrim AKP Andaru Rahutomo.

Dikatakan, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik untuk memastikan limbah tersebut B3. DLH Sendiri juga telah mengambil sampel di lokasi pembuangan limbah. 

 "Untuk mengetahu kandungannya kami bekerjasama untuk hasil uji labolatorium DLH Gresik, yang sempat ambil sampel di TKP pembuangan limbah,” katanya.

Sedangkan untuk mengetahui pemilik lahan pihaknya berkodinasi dengan pejabat sementara Kepala Desa Kisik Wawan, Kecamatan Bungah. “Kami berharap kades bisa membantu mencari tahu pemilik lahan tersebut,” terangnya.

Ditambahkan, upaya polisi ini dimaksudkan untuk menghindari adanya pencemaran yang bisa menimbulkan bencana baik bagi lingkungan maupun masyarakat yang ada di daratan. Gerak cepat polisi menangani dua kasus ini agar tidak menjadi persoalan besar yang dihadapi masyarakat.

“Kalau ditemukan ada pelanggaran, berikut alat bukti cukup, tentu akan maju dalam proses hukum selanjutnya,” katanya. 

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Bakhtiar Gunawan mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan. "Iya kami sudah dapat laporan, lokasinya kalau tidak salah masih ikut Desa Abar Abir, Bungah," ungkap dia.

Dikatakan, pihaknya juga sudah menurunkan tim ke lokasi untuk melihat langsung limbah tersebut. Hasilnya, memang limbah tersebut masuk B3. "Tim sudah kesana dan memang benar limbah B3," terangnya.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan itu limbah milik siapa. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Gresik. Saat ini masih dalam proses penyelidikan. "Sudah masuk ke Polres Gresik," imbuhnya. (yud/rof)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia