Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

ABG Ini Curi Kotak Amal Musala untuk Jajan

16 Juli 2019, 17: 30: 33 WIB | editor : Wijayanto

Tersangka Tri Putra Patriot

Tersangka Tri Putra Patriot (GUNTUR IRIANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Untuk membeli jajan, Tri Putra Patriot, 19, nekat mencuri kotak amal di Musala Dakwatur Sholikin, Jalan Sidotopo Wetan Gang Mulia III, Kenjeran. Warga Jalan Tuwowo IIIF, Tambaksari, itu ditangkap saat terpergok warga membawa kotak amal yang terbuat dari stainless steel.

Tri Putra dibawa ke Polsek Kenjeran untuk diinterogasi. Kotak amal dan uang Rp 600 ribu, sepeda motor tersangka, serta sebuah ponsel diamankan sebagai barang bukti.

Kapolsek Kenjeran Kompol Sucipto mengatakan, tersangka Tri awalnya datang mengendarai sepeda motor Honda Supra Fit nomor polisi L 2859 ZL. Saat dini hari sehingga kondisi musala dan jalanan di Sidotopo Wetan Gang Mulia III sepi.

Tersangka memarkir kendaraannya di depan musala yang pagarnya sudah tergembok. “Tersangka mengaku masuk ke musala dengan memanjat pagar tersebut,” kata Sucipto.

Setelah masuk ke halaman musala, tersangka tidak langsung mengambil kotak amal. Ia melihat situasi terlebih dulu dengan tidur-tiduran. Setelah melihat suasana aman, ia langsung menuju ke kotak amal dan mengluarkan ponselnya. “Ia mengecek dulu kotak tersebut ada isinya tidak. Setelah memastikan ada, tersangka langsung mengangkat kotak amal itu,” ungkapnya.

Kepada polisi, tersangka Tri mengaku baru sekali melakukan aksi pencurian kotak amal. Sebab, diia butuh uang untuk jajan dan beli bensin. Rencananya, kotak amal itu akan dibuka paksa di luar ketika sudah aman. Ini karena tersangka tidak membawa alat apa pun. “Pihak takmir mengalami kerugian hingga Rp 1 juta. Uang di dalam kotak Rp 600 ribu,” papar Sucipto. (gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia