Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Lagi, Gresik Jadi Tempat Pembuangan Limbah B3 Ilegal

16 Juli 2019, 12: 29: 18 WIB | editor : Wijayanto

CEK LIMBAH: Petugas DLH Gresik saat melakukan pengecekan limbah B3 di Kecamatan Bungah.

CEK LIMBAH: Petugas DLH Gresik saat melakukan pengecekan limbah B3 di Kecamatan Bungah. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) secara ilegal kembali terjadi. Kali ini pembuangan limbah dilakukan di wilayah Kecamatan Bungah. Limbah B3 tersebut berjenis fly ash dan bottom ash yang berasal dari sisa pembakaran batu bara.

Informasi yang berhasil dihimpun, limbah tersebut rencananya akan digunakan untuk menguruk lahan bekas galian C. Warga sekitar saat dikonfirmasi mengatakan jika limbah-limbah tersebut baru beberapa minggu. "Setahu saya belum ada satu bulan," ujar warga yang enggan disebutkan namanya.

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Bakhtiar Gunawan mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan. "Iya kami sudah dapat laporan, lokasinya kalau tidak salah masih ikut Desa Abar Abir, Bungah," ungkap dia.

Dikatakan, pihaknya juga sudah menurunkan tim ke lokasi untuk melihat langsung limbah tersebut. Hasilnya, memang limbah tersebut masuk B3. "Tim sudah kesana dan memang benar limbah B3," terangnya.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan itu limbah milik siapa. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Gresik. Saat ini masih dalam proses penyelidikan. "Sudah masuk ke Polres Gresik," imbuhnya. 

Sementara itu, Kanit Tipiter Polres Gresik Iptu Igo Fazar Akbar mengatakan terkait kasus pembuangan limbah B3 ilegal di Kecamatan Bungah saat ini masih dalam proses penyelidikan. “Masih kami dalami terkait hal tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah mendatangi lokasi peembuangan limbah tersebut. Saat ini pihaknya masih mencari tahu siapa pemilik limbah tersebut. “Sudah, kami sudah ke lokasi untuk melakukan pengecekan,” terangnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia