Senin, 09 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

PDAM Delta Dua Tahun Tanpa Direktur Definitif

16 Juli 2019, 01: 29: 44 WIB | editor : Wijayanto

Bupatsi Saiful Ilah menyalami Pjs Dirut PDAM Delta Basith Lao.

Bupatsi Saiful Ilah menyalami Pjs Dirut PDAM Delta Basith Lao. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - PDAM Delta Tirta Sidoarjo selama dua tahun dipimpin oleh penjabat sementara (pjs). Sejak pertengahan 2016, perusahaan milik daerah itu tidak memiliki direksi tetap. Hingga kini, Abdul Basit Lao terus ditunjuk sebagai Pjs Direktur Utama.

Kepala Bagian Perekonomian Chusnul Inayah mengatakan, sebenarnya tahun ini pemkab sudah berencana menetapkan direktur definitif. Namun ada beberapa kendala dalam persiapannya. Akibatnya, proses seleksi ditunda.

Seleksi tersebut ditunda karena pemkab mengajukan perubahan bentuk usaha. Sesuai PP no 54 tahun 2017, setiap perusahaan daerah harus berubah nama. Menjadi perumda atau perseroda. "Raperda sudah kami ajukan. Saat ini pembahasan," jelasnya.

Selain itu, PDAM juga sedang menuntaskan proyek sambungan air Umbulan. Ada delapan Distribution Center (DC) yang dibangun. Tahun ini semuanya harus tuntas.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas PDAM Delta Tirta Benny Airlangga Yogaswara mengatakan pemilihan Direktur PDAM menunggu rampungnya pembahasan perda. "Saat ini masih proses," ujarnya. 

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan menyorot hal ini. Menurut dia, PDAM merupakan perusahaan daerah yang melayani penyaluran air. Sayangnya hingga saat ini masih banyak keluhan dari masyarakat. Seperti air yang keruh dan sering mati.

Bahkan, pelayanan PDAM belum menyentuh seluruh kecamatan. Warga di Kecamatan Prambon, Tarik, dan Krembung masih mengandalkan air sumur. 

Pria yang akrab disapa Wawan itu mengatakan, perbaikan perusahaan tidak bisa dikerjakan Pjs. Pasalnya Pjs memiliki keterbatasan. "Pengambilan keputusan harus persetujuan kepala daerah," paparnya. Selain itu, masa kerja Pjs dibatasi waktu hanya enam bulan. Sehingga tidak bisa focus. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia