Kamis, 22 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Drone Race, Uji Kelihaian Mengendalikan Drone

15 Juli 2019, 22: 40: 46 WIB | editor : Wijayanto

CARI ANGLE MENARIK: Dua orang peserta mempersiapkan drone miliknya dalam lomba drone racing di Ken Park.

CARI ANGLE MENARIK: Dua orang peserta mempersiapkan drone miliknya dalam lomba drone racing di Ken Park. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Drone racing atau balap drone mulai booming beberapa tahun terahir. Berbeda dengan drone aerial yang mengandalkan hasil video paronama, drone race mampu menghasilkan gambar yang lebih dinamis melalui medan yang lebih sempit. 

One Glove, salah seorang exspert drone menyampaikan, drone racing tidak hanya untuk bersenang-senang. Namun bisa untuk menguji kelihaian pemegangnya dalam mengendalikan drone. Di dunia profesional, drone racing bisa melatih pengemudinya untuk dapat mengambil objek visual dengan angle menarik.

"Kalau drone aerial ambil gambar hanya dari atas saja, sudah biasa, dengan ilmu drone racing, pengemudi bisa mengarahkan drone ke gang, dalam ruangan, dengan sudut-sudut yang menarik," ujar laki-laki bernama asli Irwan Baidowi ini dalam Workshop Teknik Fotografi Udara, Lensa Academy 2019.

Drone yang digunakan untuk racing juga berbeda dengan drone aerial. Ukurannya dibuat jauh lebih kecil. Dengan harga yang lebih terjangkau, karena masing-masing komponennya bisa disusun.

Dalam drone racing, kemampuan pengemudi mengoperasikan flight mode sangat penting. Dan sedikit lebih susah karena dioperasikan secara manual. 

Tak hanya mendapat materi, peserta juga ditantang untuk mengoperasikan drone dengan objek foto Pagoda di Kawasan Wisata Pantai Kenjeran. Kemampuan yang diuji adalah untuk mengatasi obstacle dan mengambil sudut foto paling baik. Salah satu modal penting untuk drone racing. 

Tak hanya berlatih, tiga peserta terbaik dari Surabaya akan berkesempatan mengikuti proyek kolaborasi ke Vietnam. (is/nur)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia