Senin, 09 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Nutrilon Royal Stimulasi Karakter Tangguh Anak Lewat Kegiatan Bermakna

15 Juli 2019, 07: 23: 18 WIB | editor : Wijayanto

PERAN ORANG TUA: Psikolog Anak dan Keluarga Ajeng Raviando mengingatkan pentingnya peran orang tua saat berkomunikasi dengan anak ketika mereka melakukan purposeful exposure.

PERAN ORANG TUA: Psikolog Anak dan Keluarga Ajeng Raviando mengingatkan pentingnya peran orang tua saat berkomunikasi dengan anak ketika mereka melakukan purposeful exposure. (NURUL AFIAH/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Pentingnya penanaman karakter sejak dini pada anak dijadikan Ajeng Raviando sebagai kalimat pembuka di talkshow Raise Them Ready Roadshow yang diadakan Nutrilon Royal di Golf Graha Family and Country Club, Minggu (14/7).

Psikolog anak dan keluarga ini mengungkap jika selain fisik anak, faktor penting yang juga berperan besar untuk menghadapi masa depan adalah karakter.

“Itulah kenapa seorang anak harus memiliki karakter tangguh. Mereka harus mulai dikenalkan sedari kecil agar nantinya ketika anak berhadapan dengan perubahan dan situasi tertentu seperti kegagalan, stres, atau lingkungan baru yang asing, mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan cepat,” ungkapnya.

KARAKTER TANGGUH: Brand Manager Nutrilon Royal Jeannette Giovani (dua dari kiri) bersama Psikolog Anak dan Keluarga Ajeng Raviando dan dr. Mira Irmawati membahas pentingnya pengembangan karakter anak.

KARAKTER TANGGUH: Brand Manager Nutrilon Royal Jeannette Giovani (dua dari kiri) bersama Psikolog Anak dan Keluarga Ajeng Raviando dan dr. Mira Irmawati membahas pentingnya pengembangan karakter anak. (PERAN ORANG TUA: Psikolog Anak dan Keluarga Ajeng Raviando mengingatkan pentingnya peran orang tua saat berkomunikasi dengan anak ketika mereka melaku)

Menurut Ajeng, ada lima karakter tangguh yang sebaiknya mulai dikenalkan pada anak sejak kecil. Yaitu mandiri, berani, gigih, banyak akal, dan adaptif.

“Misal kita ambil contoh karakter gigih. Waktu anak lagi main, terus dia ada kesulitan, orang tua harus kasih semangat terus. Katakan kalau dia bisa menyelesaikannya. Nah dari situ, akhirnya anak bisa belajar arti gigih,” tambahnya.

Untuk membantu pengembangan karakter tangguh pada anak, Ajeng menyarankan para orang tua untuk memberikan stimulasi berupa purposeful exposure.

Purposeful exposure atau pengalaman-pengalaman baru bagi anak inilah yang nantinya akan membuat anak lebih berani hingga terbentuk lima karakter tangguh tersebut.

“Tiap purposeful exposure anak satu dengan yang lain tentu berbeda. Karena kita tahu setiap anak memiliki keunikannya masing-masing,” tambah Ajeng.

Keunikan di tiap anak ini yang membuat para orang tua harus pandai membangun jembatan komunikasi yang baik ketika ingin memahami keinginan anak.

Melihat peran keluarga sangat penting dalam pembentukan karakter anak membuat talkshow yang juga mendatangkan dokter spesialis anak dr. Mira Irmawati sebagai narasumber ini menjadi wadah pembelajaran baru bagi orang tua.

Brand Manager Nutrilon Royal Jeannette Giovani mengatakan, dengan cepatnya perkembangan dunia saat ini maka ketangguhan anak tidak hanya diukur dari fisik, tetapi juga karakter tangguh.

“Kami percaya bahwa proses belajar yang paling efektif adalah dengan praktik langsung melalui kegiatan bermakna. Maka Raise Them Ready Roadshow hadir di Surabaya agar orang tua bisa langsung belajar dari ahlinya,” ujarnya.

Nutrilon Royal berharap Raise Them Ready Roadshow yang digelar di Surabaya dan Jakarta dapat dijadikan inspirasi para orang tua untuk lebih mengidentifikasi kemampuan dan aware terhadap tumbuh kembang anak. (rul/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia