Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Sego Krengsengan Kian Legit Ditambah Petis

14 Juli 2019, 08: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

KULINER TRADISIONAL: Marda menikmati Sego Krengsengan yang bumbunya diberi tambahan petis untuk menguatkan rasa dan membuatnya lebih sedap.

KULINER TRADISIONAL: Marda menikmati Sego Krengsengan yang bumbunya diberi tambahan petis untuk menguatkan rasa dan membuatnya lebih sedap. (ABDULAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA -  Krengsengan menjadi salah satu kuliner berbahan dasar daging yang digemari. Daging empuk dan gurih membuat lidah bergoyang saat disantap dengan nasi panas. Kunci kenikmatan krengsengan terletak pada rempah-rempah serta petis di dalam bumbunya. 

Chef Efin Kusuma menjelasan, tambahan bumbu petis memang disesuaikan dengan selera lidah. Namun menurutnya, menambahkan petis pada krengsengan mampu memperkaya rasa. Itulah mengapa, ia lebih suka menambahkan petis dalam menu terbarunya, Sego Krengsengan. "Jika diberi petis, aroma dan taste lebih dominan," jelasnya ditemui di Hotel Bekizaar Surabaya. 

Chef Efin menggunakan petis udang untuk membuat sego krengsengan andalannya. Petis udang memiliki aroma dan rasa yang lebih kaya ketimbang petis pada umunya. 

Selain kaya rasa, daging empal dari sego krengsengannya sangat empuk. Hal ini karena daging khas dalam yang digunakan sudah melalui dua proses. Yakni pertama direbus dengan bumbu kuning. Untuk mempertahankan kandungan air di dalamnya, proses perebusan pertama ini menggunakan daging utuh. 

Baru kemudian, ketika sebelum di sajikan, Chef Efin akan mengiris daging utuh tersebut dan men-saute (ditumis, Red) dengan bumbu putih, kecap manis serta petis. Sehingga rasanya tetap fresh, daging juga empuk namun tidak hancur. 

Sego krengsengan ala Chef Efin ini semakin nikmat karena disajikan lengkap. Di atas satu piring, terdapat lalapan, sambal orek, serundeng, emping, dan tak lupa acar yang sudah matang, sehingga rasanya semakin nikmat jika dimakan bersama. "Acarnya ala Indonesia dengan bumbu kuning karena ketika ketemu daging, rasanya akan sangat pas. Gurihnya, segernya, manisnya. Kalau pakai acar mentah tidak cocok," jelasnya. 

Sebagai teman makan, es campur super jumbo dengan isian lengkap, mulai dari potongan kelapa muda hingga marsmallow bisa jadi pilihan. Sangat pas dinikmati seusai makan berat. Menjadikan pengalaman makan yang paripurna lezatnya. (is/nur)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia