Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Kalah Kasasi, BOS ABR Dijebloskan ke Penjara

13 Juli 2019, 12: 42: 09 WIB | editor : Wijayanto

DITAHAN: Terpidana Ahmad fathoni saat di eksekusi oleh Kejari Gresik di rumahnya.

DITAHAN: Terpidana Ahmad fathoni saat di eksekusi oleh Kejari Gresik di rumahnya. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Upaya Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik untuk menjebloskan Bos Perumahan Alam Bukit Raya (ABR) akhirnya berhasil. Kemarin, mereka mengeksekusi Bos ABR Drs Ahmad Fatoni CH, M.Si. Eksekusi dilakukan setelah jaksa eksekutor menerima surat pemberitahuan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) No. Nomor : 239K/Pid/2019 tgl 15 Mei 2019.

Dalam putusan kasasi MA disebutkan bahwa Dirut PT ALam Bukit Raya (ABR) Drs. Ahmad Fatoni CH, M.Si terbukti telah melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan. "Menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 2 tahun dan 6 bulan, " urai Kasi Intel Kejari Gresik, R. Bayu Probo Sutopo.

Putusan Kasasi dari MA ini mematahkan putusan dari hakim di Pengadilan Tinggi (PT). Pasalnya, dalam bandingnya terpidana dibebaskan dari dakwaan jaksa. Padahal dalam putusan tingkat pertama PN Gresik, terpidana di vonis dengan hukuman penjara selama 3 tahun dan 6 bulan.

"Setelah menerima pemberitahuan putusan Kasasi selama 2 tahun dan 6 bulan atas terpidana Ahmad Fathoni, Kejari Gresik langsung melakukan kordinasi kepada jaksa eksekutor dan pihak keamanan yakni personil kodim 0817 Gresik, " tegas Bayu.

Dikatakan, tim intelejen Kejari Gresik dan jaksa eksekutor lansung mendatangi rumah terpidana di Perum Ketintang Regency Jl. Royal Ketintang Regency RT 09 RW 6 Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya. 

"Sempat terjadi ketegangan saat tim akan mengeksekusi terpidana. Berkat kesigapan petugas,  terpidana berhasil diamankan dan lansung di bawa ke rutan Banjarsari untuk menjalani proses penahanan," tegasnya. (yud/rof)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia