Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Tertibkan Parkir Liar, Dishub Gresik Beli Derek Kecil

13 Juli 2019, 12: 40: 22 WIB | editor : Wijayanto

PARKIR LIAR: Dishub sebelumnya telah membeli Derek berukuran besar untuk membantu mengurai kemacetan akibat truk mogok.

PARKIR LIAR: Dishub sebelumnya telah membeli Derek berukuran besar untuk membantu mengurai kemacetan akibat truk mogok. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik terus berusaha untuk menertibakan parkir liar disejumlah ruas jalan. Salah satunya, dengan membeli Derek berukuran kecil. Sehingga, kalau ada mobil yang ketahuan parkir liar bakal di Derek untuk dibawa ke Kantor Dishub Kabupaten Gresik.

Kepala Dishub Kabupaten Gresik Nanang Setiawan mengatakan pihaknya sudah mengusulkan pembelian Derek kecil di Perubahan APBD (P-APBD) tahun 2019. Saat ini masih dilakukan pembahasan. “Kalau usulannya sudah saya masukkan, sekarang masih dibahas Pemerintah bersama Dewan,” ujarnya.

Dikatakan, pembelian Derek kecil memang tujuannya untuk menertibkan parkir-parkir liar yang ada disejumlah ruas jalan. Selama ini, penindakan yang dilakukan Dishub masih sebatas penggembosan ban kendaraan. “Ini masih kurang efektif karena banyak pengendara yang tetap mengulangi kesalahhannya,” terang dia.

Selain itu, karena kendaraan yang dilakukan penggembosan ban akan tetap terparkir di lokasi tersebut. Sehingga, kemacetan juga akan tetap terjadi. “Berbeda dengan Derek. Kalau Derek kendaraan akan di bawa ke kantor. Sehingga, pemilik harus mengambil di kantor Dishub,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya berharap dengan sejumlah sanksi yang diterapkan bisa memberikan efek jera kepada para pengendara yang melanggar aturan. Paling tidak, bisa meminimalisir angka kemacetan jalan.  “Selain itu, Derek kecil juga bisa membantu menderek kendaraan yang mogok di jalanan kota. Kalau pakai Derek besar akan membuat kemacetan jalan,” imbuhnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia