Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Hadapi Pertandingan ke-4 Dalam 13 Hari, Persebaya Wajib Rotasi Pemain

13 Juli 2019, 01: 37: 49 WIB | editor : Wijayanto

KRISIS STRIKER: Irfan Jaya jadi andalan Persebaya di depan.

KRISIS STRIKER: Irfan Jaya jadi andalan Persebaya di depan. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

Surabaya - Persebaya Surabaya menghadapi jadwal padat di ajang Liga 1 2019. Rotasi pemain jadi salah satu opsi Persebaya demi meraih hasil maksimal. Setelah menjamu Persela Lamongan (1/7), Persib Bandung (5/7), dan Barito Putera (9/7), mereka bakal melakoni partai tandang.

Tim berjulukan Green Force  melawat ke markas PSS Sleman pada pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu malam (13/7). Ini bakal menjadi pertandingan keempat mereka hanya dalam 13 hari.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, bakal melakukan rotasi agar kondisi pemainnya tetap bugar. Lini tengah menjadi perhatian khusus, terlebih para gelandang cukup banyak bergerak di lapangan.

“Masih ada waktu dua hari. Kami akan memeriksa para pemain, siapa yang fit dan tidak. Kemudian, untuk rotasi pemain lapangan tengah masih kami pikirkan,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut.

“Kami sebenarnya masih punya stok gelandang, ada Alwi Slamat dan Rian (Rachmat Irianto) juga bisa bermain di itu. Tapi, masih butuh waktu karena kami punya dua hari,” imbuh pelatih Persebaya Surabayaberusia 60 tahun itu.

Sebelumnya, trio gelandang Persebaya diisi pemain lokal saat meladeni Persib, yaitu Muhammad Hidayat, Fandi Eko Utomo, dan Misbakus Solikin. Terakhir, saat menjamu Barito Putera, posisi Fandi digantikan Damian Lizio.

Rencana Djanur ini tentu membuka peluang buat pemain yang selama ini minim menit bermain. Alwi baru membukukan 82 menit dalam satu pertandingan. Lalu, masih ada Elisa Basna mencatatkan 18 menit saja, meski tampil dalam dua laga.

Rachmat Irianto termasuk yang punya lebih banyak kesempatan dengan tampil di empat laga dan membukukan 213 menit bermain. Meski berposisi asli sebagai bek tengah, dia pernah dicoba menjadi gelandang bertahan saat bermain untuk Timnas Indonesia U-23.   

Yang pasti pada pertandingan nanti Persebaya harus kehilangan striker andalannya, Amido Balde.

Absennya Balde tentu menjadi hal yang sangat disayangkan bagi skuat Green Force. Pasalnya, Balde memiliki peran penting dalam dua kemenangan terakhir Persebaya di Liga 1 2019.

Ia mencetak satu gol saat Persebaya menaklukkan Persela Lamongan 3-2 pada pekan keenam Liga 1 2019. Striker berusia 28 tahun itu bahkan mencetak hat-trick ketika Persebaya melumat Persib Bandung dengan skor 4-0 pada pekan ketujuh Liga 1 2019.

Seperti beberapa waktu sebelumnya, peran Balde kemungkinan akan digantikan oleh pemain muda terbaik Liga 1 2018, Osvaldo Haay.

Sementara pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro mengungkapkan kekhawatirannya sebelum laga kontra Persebaya. Kekhawatiran muncul menyusul penampilan memukau Persebaya saat menghadapi Persib Bandung pada pekan ketujuh Liga 1 2019.

Tak heran jika Seto meminta anak asuhnya untuk mewaspadai permainan Persebaya. "Persebaya waktu lawan Persib bagus, bisa menang 4-0," kata Seto. Permainan mereka saling terbuka, artinya itu harus kami waspadai," tuturnya.

Apalagi, PSS Sleman juga kehilangan dua pilar penting yaitu Alfonso de La Cruz dan Rangga Muslim. Mereka absen pada laga ini lantaran sanksi akumulasi kartu kuning.

Meskipun begitu, Seto mengaku telah mempersiapkan pengganti keduanya saat berjumpa dengan Persebaya. Purwaka Yudhi, Asyraq Ghufron, dan Ikhwan Ciptady bisa menjadi opsi untuk mengganti posisi Alfonso.

"Kami kehilangan Alfonso dan Rangga. Mudah-mudahan bisa kami antisipai dengan pemain lain," ujar Seto menambahkan.

Seto juga meminta Bagus Nirwanto dkk untuk cepat membaca permainan tim lawan. "Saya mengingatkan kepada pemain untuk selalu membaca permainan karena situasinya pasti berubah-ubah," tutur Seto mengakhiri.

Pertandingan PSS Sleman melawan Persebaya akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7) mulai pukul 18.30 WIB.(sam/rak)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia