Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Pijat Perinium Bantu Lancarkan Persalinan

12 Juli 2019, 16: 04: 05 WIB | editor : Wijayanto

TIDAK SEMBARANGAN: Gita Kostania menjelaskan teknik pijat perinium.

TIDAK SEMBARANGAN: Gita Kostania menjelaskan teknik pijat perinium. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Rasa sakit dalam persalinan kerap menjadi ketakutan tersendiri bagi calon ibu. Rasa sakit pada saat persalinan adalah hal yang wajar. Namun, bisa dikurangi dengan rutin melakukan pijat perinium.

Pijat perinium adalah teknik memijat di area perinium di kala hamil. Fungsinya meningkatkan aliran darah di daerah vagina dan meningkatkan elastisitas perinium.

Dokter Hari Pararaton SpOG(K) mengatakan, jika perinium lentur, maka dalam proses persalinan perinium tidak perlu digunting atau robek saat melahirkan. Manfaat lain adalah membantu ibu mempelajari sensasi saat proses persalinan sehingga mempercepat persalinan.

Selain itu, mempersiapkan mental ibu terhadap tekanan dan regangan perinium di kala kepala bayi akan keluar. "Sehingga mengurangi rasa sakit saat persalinan," katanya.

Pijat perinium ini bisa dilakukan di minggu ke-34 dan ke-35 menjelang kelahiran. Dan dilakukan bisa dilakukan setiap hari. Pijat perinium ini tergolong mudah. Sehingga dapat dilakukan sendiri dan juga oleh pasangan. Tentu saja sesuai arahan dokter kandungan sebelumnya.

Sebelum melakukan pemijatan, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kuku terpotong. Pemijatan bisa dibantu dengan minyak zaitun.

Hari mengingatkan, pijat perinium ini tidak bisa dilakukan siapa saja. Ada kontra indikasi atau tidak bisa dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki kutil kelamin atau mengalami infeksi di area Miss V. "Gerakannya mudah. Bisa dilakukan sambil duduk dan bersantai di rumah," katanya. (is/rek)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia