Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Hadapi Pilkada 2020, PKB Prioritaskan Kader Internal

11 Juli 2019, 00: 47: 27 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/JPNN)

Share this      

SURABAYA - Meski Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Jawa Timur digelar pada September 2020 mendatang, namun sejumlah partai sudah mempersiapkan diri untuk mengusung calonnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya, meski memprioritaskan kader internal namun partai ini tidak menutup kemungkinan memberikan ruang kepada calon eksternal.

Wakil sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim Aliyadi Mustofa mengatakan banyak kader-kader dari PKB yang ada di daerah-daerah layak diusung pada pilkada serentak. Meski demikian hal tersebut bukan berarti menutup ruang kepada eksternal.

“Nama-nama calon ini baik dari kader maupun eksternal yang layak diusung oleh PKB akan diserahkan ke DPW dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Nantinya sudah ada tim yang bisa menganalisa dan menentukan siapa saja yang akan maju menjadi bakal calon kepala daerah,” jelasnya, Rabu (10/7).

Lebih lanjut ia mengatakan partainya memiliki target seluruh daerah calon yang diusung PKB bisa menang di 19 kabupaten/kota di Jatim dalam Pilkada serentak 2020 mendatang. Menurutnya untuk daerah – daerah yang saat ini dipimpin murni oleh kader PKB murni harus dipertahankan kemenangannya. “Kita harus realistis dengan daerah-daerah yang menjadi basis PKB seperti Sidoarjo, Tuban, dan Sumenep,” katanya.

Terpisah, Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengatakan partainya sangat siap menghadapi Pilkada serentak 2020 mendatang. Ia mengaku telah menyiapkan beberapa kader untuk diusung sebagai calon kepala daerah.

Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) cukup optimistis dapat meraih kemenangan di mayoritas daerah pada Pilkada 2020 yang dilakukan serentak. “PKB akan menargetkan dapat meraih kemenangan di sembilan daerah dari total 19 daerah yang menyelenggarakan pilkada. Target tersebut cukup realistis,” katanya.

“Di antara beberapa daerah yang menjadi prioritas adalah Sidoarjo, Gresik, hingga Lamongan. Di daerah tersebut, PKB juga sukses meraih kemenangan di pemilu 2019. Selain itu, ada pula Banyuwangi, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang, Tuban, Sumenep, hingga Situbondo yang juga menjadi prioritas PKB untuk dimenangkan,” imbuhnya.

Halim mengatakan rencananya, PKB akan mulai proses penjaringan calon kepala daerah tahun ini. Namun, seleksi tersebut akan berlangsung secara informal. “Kami nantinya juga akan mendengar masukan dari pengurus di kecamatan. Termasuk, rekomendasi dari kiai dan juga ulama sepuh. Kami akan sesuaikan dengan kearifan lokal,” pungkasnya. (mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia