Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Drama 4 Gol, Green Force Gagal Menang di Kandang

09 Juli 2019, 19: 30: 14 WIB | editor : Wijayanto

GAGAL MENANG: Pemain Persebaya Surabaya Manuchehr Jalilov (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya, Damian Lizio, setelah berhasil membobol gawang Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (9/7).

GAGAL MENANG: Pemain Persebaya Surabaya Manuchehr Jalilov (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya, Damian Lizio, setelah berhasil membobol gawang Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (9/7). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

Surabaya - Kemenangan yang sudah ada di depan mata akhirnya melayang, Persebaya Surabaya dipaksa berbagi poin dengan Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dalam laga tunda pekan keempat Liga 1 2019, Selasa (9/7) sore WIB. Setelah imbang tanpa gol pada babak pertama, kedua tim tampil luar biasa dan mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 2-2.

Dengan tambahan satu poin, Persebaya beranjak ke posisi empat klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 12 poin. Sedangkan Barito, tambahan satu poin berhasil membawa mereka keluar dari zona merah. Mengoleksi empat poin, Barito kini menempati posisi 15.

Intensitas pertandingan sudah begitu tinggi sejak awal pertandingan. Persebaya yang mendapatkan dukungan penuh dari suporter di GBT tampil menyerang melalui Osvaldo Haay dan Irfan Jaya.

Namun, tekanan dari Persebaya tak membuat Barito Putera kewalahan. Justru tim tamu mampu beberapa kali mencuri kesempatan untuk membangun serangan balik dengan mengandalkan kecepatan Rizky Pora dan Rafael da Silva.

Irfan Jaya dua kali mengancam gawang Barito Putera pada menit ke-23. Namun, ancaman itu berakhir setelah tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih berada di atas mistar gawang Barito Putera yang dikawal Aditya Harlan.

Pada menit ke-36 giliran Barito Putera yang mengancam gawang Persebaya lewat Rizki Pora. Pemain Timnas Indonesia itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke sudut atas gawang Persebaya. Namun, Miswar Saputra masih mampu menghalau dengan baik.

Persebaya balas menyerang dengan seketika dan membuat peluang emas lewat Manu Jalilov. Pemain asal Tajikistan itu mendapatkan bola dalam kondisi tak terkawal di jantung pertahanan Barito Putera. Namun, sepakan bolanya masih tipis di sisi kiri gawang Aditya Harlan.

Permainan saling serang terus diperlihatkan oleh kedua tim, di mana Persebaya terus tampil menekan untuk bisa mencetak gol. Namun, hingga 45 menit pertama berakhir, kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Persebaya memulai babak kedua dengan tempo permainan yang lebih santai dan berusaha untuk lebih menguasai bola. Misbakus Solikin dan kawan-kawan. tampak berusaha untuk bisa memecah pertahanan Barito Putera demi menciptakan peluang.

Di awal babak kedua, kerjasama antara Novan, Osvaldo dan Irfan nyaris berbuah gol. Beruntung bagi Barito, bola sepakan Irfan masih mampu ditepis Adhitya.

Keasyikan menyerang, Persebaya justru kecolongan lebih dulu di menit 70. Memanfaatkan kesalahan Syaifuddin, Rafael Silva sukses menundukkan Miswar Saputra dan mengubah kedudukan menjadi 0-1.

Tertinggal satu gol, pelatih Persebaya Djajang Nurjaman langsung melakukan perubahan strategi dengan melakukan pergantian pemain. Misbakus Solikin ditarik dan Fandi Eko Utomo masuk arena pertandingan.

Perubahan yang dilakukan berdampak besar bagi pola serang Persebaya. Alhasil memasuki menit ke-79 papan skor berubah imbang 1-1 setelah Damian Lizio menyambar umpan silang Ruben Sanadi.Gol ini membuat Persebaya semakin mendominasi. Kebangkitan Persebaya ditandai dengan keberhasilan mereka membalik keunggulan pada menit ke-87 lewat gol Manu Jalilov. Pemain asal Tajikistan itu menanduk bola hasil umpan silang Ruben Sanadi. Kedudukan menjadi 2-1

Namun tiga poin yang sudah dalam genggaman lepas. Memasuki injury time, tepatnya di menit 90+1, Barito Putera pun mencoba untuk memberikan tekanan lebih di sisa waktu pertandingan. Hasilnya pun positif, Rafael Silva mencetak gol pada menit ke-90 setelah memaksimalkan umpan silang dari sisi kiri dengan tandukan kepala di depan Miswar Saputra, sehingga kedudukan menjadi 2-2 sampai wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.(sam/rak)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia