Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tambah Penerangan Lampu Jalan di 342 Titik, Pemkab Mulai Lelang

09 Juli 2019, 19: 24: 30 WIB | editor : Wijayanto

Tambah Penerangan Lampu Jalan di 342 Titik, Pemkab Mulai Lelang

SIDOARJO – Rencana penambahan titik Penerangan Jalan Umum (PJU) masih terus dimatangkan. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo sedang mematangkan proses perencanaan. Setelah proses tersebut selesai, nantinya akan masuk pengadaan. Rencananya, DLHK akan memasang 342 titik PJU.

Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, pihaknya menargetkan proses lelang sendiri akan mulai masuk pada akhir Juli. Sehingga setelah proses lelang tersebut selesai, diharapkan penambahan PJU baru tersebut dapat segera dilakukan. Tujuannya, agar penerangan jalan umum benar-benar terealisasi. “Perawatan kelistrikannya juga kami rencanakan,” katanya..

Dalam perencanaannya, pemasangan PJU tersebut akan diprioritaskan di jalan kecamatan di 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo. Total anggarannya pun mencapai Rp 5,5 miliar. Namun begitu dalam penerapannya akan dilakukan secara bertahap. Sebab permintaan pemasangan PJU di Sidoarjo cukup banyak.

Permintaan pemasangan PJU sendiri merupakan hasil dari musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di masing-masing kecamatan. Sehingga, untuk mengatasi jumlah permintaan yang banyak tersebut, penambahan PJU mamang harus dilakukan secara bertahap. “Lihat anggaran di tahun itu juga,” terangnya.

Ada sejumlah hal yang menjadi perhatian DLHK. Di antaranya jenis lampu PJU yang nantinya akan digunakan. Penyebabnya, beda jenis PJU beda pula daya tahan dan daya sinarnya. Selama ini, jenis lampu PJU yang digunakan adalah jenis Sodium. ukurannya mencapai 240 watt per titik PJU.

Jenis lampu tersebut kata Sigit termasuk jenis lampu yang harganya cukup mahal. Bahkan rekening listrik penggunaan lampu tersebut mencapai Rp 65 miliar per tahun. Sehingga penggunaannya perlu dipertimbangkan lagi. “Kita akan bandingkan dengan jenis LED,” ujarnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia