Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tahapan Pilkada Sidoarjo Tunggu Penetapan PKPU, September

09 Juli 2019, 18: 20: 14 WIB | editor : Wijayanto

Tahapan Pilkada Sidoarjo Tunggu Penetapan PKPU, September

SIDOARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo berkoordinasi dengan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Koordinasi itu terkait dengan persiapan pilkada Sidoarjo yang direncanakan akan digelar tahun depan. Tak hanya itu, koordinasi itu merupakan pertemuan pertama anggota baru KPU Sidoarjo dengan bupati.

Ketua KPU Sidoarjo M Iskak mengatakan, tahapan pilkada mulai dilakukan pada September tahun ini. Dalam tahapan tersebut, proses penganggaran internal merupakan hal yang dilakukan pertama kali. Sementara dalam tahapan kedua, baru proses penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). “Baru proses selanjutnya,” katanya saat ditemui usai bertemu Bupati Sidoarjo.

Namun begitu, Iskak mengaku pihaknya masih menunggu penetapan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sementara saat ini PKPU masih berbentuk draft. Rencananya akan dilakukan pada Oktober. Setelah proses tersebut selesai baru KPU akan mulai melakukan sosialisasi pilkada.

Rencananya, sosialisasi mulai dilakukan pada November mendatang. Setelah penetapan NPHD dilakukan. Saat ini, pihaknya tidak dapat memprediksi kapan pendaftaran calon tersebut mulai dibuka.

Namun begitu, lanjutnya, jika  melihat draft yang ada, pendaftaran calon peserta pilkada diperkirakan akan dilakukan tahun depan. “Memungkinkan pendaftarannya April,” terangnya.

Terkait waktu pemilihan, diperkirakan akan dilaksanakan pada 23 September tahun depan. Hal itu jika melihat statement KPU RI. Sementara itu, untuk memperlancar proses pilkada tersebut, KPU Sidoarjo mulai melakukan pengenalan anggota baru kepada Bupati.

Pengenalan anggota baru tersebut sekaligus menindaklanjuti peermintaan dana hibah yang nantinya akan digunakan untuk penyelenggaraan pilkada. Jumlahnya mencapai Rp 63 miliar. Dalam proses pertemuan yang dilakukan di ruang transit pendopo bupati itu, Iskak mengaku permintaan dana hibah tersebut sedang diproses oleh pemkab.

Nantinya, pertemuan tersebut rencananya akan dilanjutkan kembali. Namun bukan dengan bupati, melainkan dengan sekretaris daerah (Sekda). Rencananya, pertemuan denagn sekda itu akan digelar 11 Juli mendatang. Salah satu agendanya, terkait dengan persiapan dengan pilkada tersebut. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia