Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Warga Protes Dugaan Pemalsuan Dokumen Cakades di Tenaru, Gresik

09 Juli 2019, 09: 03: 16 WIB | editor : Wijayanto

PENETAPAN CAKADES: Lima orang calon kepala desa Tenaru mengambil nomor urut beberapa waktu lalu.

PENETAPAN CAKADES: Lima orang calon kepala desa Tenaru mengambil nomor urut beberapa waktu lalu. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Sejumlah persoalan terus bermunculan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019. Salah satu warga Desa Tenaru, Kecamatan Driyorejo mengadukan dugaan pemalsuan dokumen  yang dilakukan calon kepala desa (cakades).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, aduan tersebut dilayangkan warga lantaran menduga salah satu cakades memalsukan SK RW. Sehingga, skoring untuk cakades bertambah dan bisa lolos ditetapkan 5 besar. "Salah satu cakades tersebut melampirkan dua SK. Sehingga nilainya dua," ujar Naim, warga Tenaru.

Padahal, sesuai yang disampaikan kepala desa, pihaknya hanya mengeluarkan satu SK saja untuk cakades tersebut. Sehingga, dirinya menduga salah satu SK yang dilampirkan palsu. "Kami sudah menyampaikan aduan kepada panitia terkait hal tersebut tapi tidak ditindaklanjuti," ungkap dia.

Ditambahkan, kalau persoalan ini tidak ditindaklanjuti pihaknya khawatir bisa menciderai proses pelaksanaan pilkades. "Saya sudah tembuskan surat tersebut kepada kecamatan dan kades. Dan kades sudah membuat pernyataan yang membenarkan jika SK hanya satu," imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Panitia Pilkades Tenaru Khusnul Huda mengatakan terkait persolan tersebut sudah selesai. Pihaknya sudah menyampaikan klarifikasi kepada pangadu. "Itu sudah selesai, tidak ada masalah," ujarnya.

Menurut dia, Seksi Pemerintahan Kecamatan selaku verifikator sudah melakukan kroscek laporan. Dan SK-nya tidak palsu. Memang distempel dan ditandatangani kepala desa. "Dengan dasar ini maka kami putuskan untuk tetap melakukan penetapan cakades," imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia