Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pelebaran Simpang Dukuh Ditarget Tuntas Bulan Ini

08 Juli 2019, 17: 10: 35 WIB | editor : Wijayanto

DIKEBUT: Pekerja menyelesaikan pengerjaan pelebaran Jalan Simpang Dukuh.

DIKEBUT: Pekerja menyelesaikan pengerjaan pelebaran Jalan Simpang Dukuh. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pengerjaan Jalan Simpang Dukuh dua minggu ke depan ditargetkan tuntas. Rencananya jalan tersebut akan digunakan sebagai jalur peralihan arus lalu lintas (lalin) dari arah Jalan Tunjungan selama penutupan Jalan Yos Sudarso dalam waktu dekat.

Di ketahui, Jalan Yos Sudarso akan ditutup sebab akan dibangun basemen yang menghubungkan antara Gedung Balai Pemuda dengan lahan di seberangnya, yaitu persil Jalan Pemuda 17. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya Iman Kristian menjelaskan, Alun-Alun Suroboyo ini memiliki luas total 14.620 meter persegi atau sekitar 1,46 hektare. 

Di lantai pertama ini, akan menjadi sebuah plaza mewah bawah tanah dan juga bisa dijadikan tempat nongkrong oleh warga Surabaya. Sedangkan di lantai dua, akan dibangun tempat parkir yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi. Tempat parkir ini akan mampu menampung 120 mobil dan 125 sepeda motor.

Iman memprediksi jika pengerjaan pelebaran Jalan Simpang Dukuh bisa rampung sekitar satu sampai dua minggu ke depan, nantinya Jalan Simpang Dukuh akan digunakan sebagai alternatif saat Jalan Yos Sudarso ditutup total. “Kami menunggu Simpang Dukuh selesai dilebarkan, karena nantinya Simpang Dukuh ini menjadi solusi alternatif saat Jalan Yos Sudarso ditutup,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, saat ini Jalan Simpang Dukuh sudah dalam tahap proses pemasangan box culvert dan dilanjutkan pemasangan keramik pada pedestrian jalan tersebut. “Bulan Juli ini harus sudah selesai pemasangan box culvert. Insyaallah dilanjutkan pemasangan pedestriannya saja,” jelas Eri.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melanjutkan pengerjaan tersebut pada (8/3) lalu yang di prediksi tuntas selama empat bulan. Pelebaran jalan sepanjang 138 meter dan lebar 7 meter itu menghabiskan dana anggaran sebanyak Rp 22,6 miliar. “Ya ini insya Allah tepat waktu, sesuai target pengerjaan empat bulan, Simpang Dukuh selesai berikutnya eksekusi Jalan Yos Sudarso,” pungkasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia