Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

BKD Siapkan Rp 5 Miliar untuk Tes CPNS di Jatim

08 Juli 2019, 17: 04: 41 WIB | editor : Wijayanto

Kepala BKD Jatim Anom Surahno

Kepala BKD Jatim Anom Surahno (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan anggaran pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebesar Rp 5 miliar. Jumlah itu untuk pelaksanaan tes CPNS yang akan diikuti sekitar 60 ribu orang.

Kepala BKD Jatim Anom Surahno mengatakan, kepastian kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Provinsi Jawa Timur hingga kini belum turun dari Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Pemprov Jawa Timur tahun ini mengajukan sekitar dua ribu kebutuhan pegawai. Dari jumlah formasi yang diajukan tersebut, masih didominasi lowongan guru. Setidaknya ada sekitar 25 persen untuk tenaga pendidikan ini. Kedua baru kesehatan.

Ia menegaskan, jumlah yang diajukan itu belum tentu disetujui seluruhnya. Tahun lalu misalnya, BKD Jawa Timur mengajukan 2.242 formasi ke Kementerian PAN RB, namun hanya 1.964 lowongan yang dibuka.

Diharapkan Agustus sudah selesai formasi yang digodok di Kementerian PAN RB tersebut agar Oktober 2019 diperkirakan tes CPNS dapat dilakukan. "Kalau melihat tes CPNS tahun lalu ada sekitar 60 ribu peserta, anggaran yang sudah kami breakdown sekitar Rp 4-5 milliar," jelas Anom, Minggu (7/7).

Menurutnya, anggaran tersebut diperuntukkan untuk menyediakan tempat tes dan komputer. BKD Jawa Timur sendiri hingga sekarang belum menentukan di mana letak tes untuk tahun ini. Mekanisme penentuan lokasi tes melewati tender terbuka di BKN Jakarta.

"Kami memang integrasikan dengan BKN sebagai pelaksana. Agar lebih memudahkan pelaksanaan tes. Kami sudah teken kerjasama dengan BKN. Jadi tempat tes tergantung siapa yang menang tender di Jakarta," pungkasnya. (mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia