Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Lomba SSC, Pemkot Siapkan Total Hadiah Rp 2,165 Miliar

03 Juli 2019, 18: 43: 18 WIB | editor : Wijayanto

SIMBOLIS: Kepala Dinas DKRTH Pemkot Surabaya Ery Cahyadi (kanan) disaksikan Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro (kedua kanan) serta perwakilan Ja

SIMBOLIS: Dari kanan; Kepala Bappeko Surabaya Ery Cahyadi, Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro, perwakilan Jawa Pos dan Sekretaris DKRTH Ipong Wisnoe W bersama-sama menekan tombol bel sebagai tanda dimulainya lomba Surabaya Smart City. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Pemkot Surabaya menyiapkan hadiah menarik kepada para pemenang Lomba Surabaya Smart City(SSC) 2019. Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 2,165 miliar.

Motivator Lingkungan DKRTH Surabaya Adi Candra menjelaskan, dalam SSC periode pertama ini, goal yang akan dicapai adalah Smart Environtment. Melalui pengelolaan lingkungan yang baik bisa terwujud kampung-kampung di Surabaya yang tidak hanya bersih dan sehat, tapi juga mampu menghidupkan roda ekonomi masyarakatnya. Warga didorong untuk memanfaatkan potensi kampung.

 Beberapa kriteria perlombaan SSC 2019 ini, antara lain, bagaimana sebuah kampung mampu menemukan energi alternatif terbarukan, mengelola lingkungan hijau, mengelola sampah, pemanfaatan lahan pertanian di perkotaan, sanitasi, dan drainase.

"Selain itu, turut dinilai bagaimana kampung ini mampu berswadaya dan bergerak bidang ekonominya," kata Adi Candra. 

Lomba SSC ini wajib diikuti 154 kelurahan yang ada di Kota Surabaya. Seluruh RW yang ada di Kota Surabaya diharapkan berpartisipasi dalam ajang lomba bergengsi ini. Total ada 1.405 RW yang ada di Surabaya.

Nantinya, panitia akan menyeleksi total RW ini pada babak pertama menjadi 500 RW terbaik. Seleksi dilakukan melalui screening profil RW. RW yang tersaring akan mendapatkan uang pembinaan Rp 500 ribu.

Di babak penyisihan kedua, dari 500 RW akan diseleksi kembali menjadi 150 RW terbaik. RW terpilih ini akan mendapatkan workshop mengenai Smart City dan berhak atas dana pembinaan senilai Rp 1,5 juta. Kemudian diseleksi kembali menjadi 75 RW terpilih.

"Kalau sudah masuk 75 RW terbaik, maka RW inilah yang ikut Awarding SSC. Jadi, mereka ini menjadi bakal-bakal pemenang," paparnya.

Lomba SSC menyiapkan total hadiah sebesar Rp 2,165 miliar. Juara pertama mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp 50 juta, juara dua Rp 40 juta, dan juara tiga Rp 30 juta.

Selain itu, 18 kampung dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah senilai Rp 15 juta. Meliputi kategori pengelolaan sampah terbaik, pengelolaan lingkungan hijau terbaik, sanitasi terbaik, dan pemanfaatan energi alternatif terbaik.

Tak hanya itu. Lima kampung juara satu roadshow mendapatkan hadiah senilai Rp 2 juta. Lima kampung juara dua mendapat Rp 1,5 juta. Juara tiga masing-masing Rp 1 juta. Juara satu hingga lima pendamping lingkungan terbaik juga akan mendapat uang tunai berturut-turut Rp 5 juta, Rp 4 juta, Rp 3 juta, Rp 2 juta, dan Rp 1 juta. (is/rek)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia