Minggu, 23 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Features

ACT dan 5 NGO Internasional Raih Penghargaan dari Pemkab Sigi

02 Juli 2019, 06: 46: 02 WIB | editor : Wijayanto

ACT dan 5 NGO Internasional Raih Penghargaan dari Pemkab Sigi

SIGI – Konsistensi dalam memberikan bantuan kemanusiaan membuahkan penghargaan bagi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Bersama lima Non Governmental Organization (NGO) lainnya, ACT mendapat penghargaan dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Sigi atas bantuan kemanusiaan yang disampaikan dalam penanggulangan korban gempa bumi dan likuifaksi yang menimpa kawasan Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Pemkab Sigi pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sigi yang ke-11 di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Sigi, Sabtu (29/6). Selain ACT, penghargaan serupa juga diterima lima NGO Internasional yakni UNDP, UNICEF, JICA, Islam Relief, dan KUN Internasional.

 “Penghargaan ini sebagai bentuk terima kasih pemerintah daerah Sigi atas bantuan yang telah dilaksanakan dalam penanganan korban bencana alam, baik saat bencana hingga pasca bencana,” kata Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapata.

Ia menyampaikan, dari hasil perhitungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), kerugian infrastruktur yang dialami Kabupaten Sigi akibat bencana alam tersebut mencapai kurang lebih Rp 11,1 triliun.

Sebagai lembaga kemanusiaan terdepan, ACT memang mengambil peran untuk membersamai warga Sigi yang terdampak bencana gempa. Selain menyalurkan paket pangan, ACT juga telah membangun hunian sementara, masjid permanen, sekolah hingga pemulihan ekonomi masyarakat.

Di Kabupaten Sigi, ACT telah membangun lima Kompleks Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Shelter (ICS) yang tersebar di Desa Sibalaya, Soulowe, Langaleso dan Lolu serta Desa Sidera.

Nurmarjani Loulembah selaku Kepala Cabang ACT Sulawesi menyampaikan ungkapan rasa terima kasihnya kepada para dermawan ACT yang membantu tercapainya program-program kemanusiaan di daerah bencana secara maksimal. Sehingga, ACT meraih penghargaan bersama dengan NGO Internasional lain.

“Terima kasih saya ucapkan kepada para Dermawan ACT yang sampai saat ini masih terus bersama kami. Apa yang telah diberikan melalui lembaga ini membantu kami dalam memaksimalkan program-program kerja yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berharap semakin banyak kerja sama yang dapat dibangun tidak hanya dengan pemerintah daerah tapi juga partner lain baik di dalam maupun luar negeri.  (act/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia