Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dewan Soroti Gedung Serbaguna Baru Dibangun Sudah Retak

01 Juli 2019, 17: 29: 39 WIB | editor : Wijayanto

RETAK: Ketua Komisi Asroin Widyana menunjukkan bangunan serbaguna yang mulai retak.

RETAK: Ketua Komisi Asroin Widyana menunjukkan bangunan serbaguna yang mulai retak. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Pembangunan gedung serbaguna di samping Pujasera Maulana Malik Ibrahim kembali jadi sorotan. Wakil rakyat menilai pembangunan gedung serbaguna tidak terencana dengan baik. Selain itu, dewan juga menyoroti rencana pengajuan anggaran pembangunan untuk bagian barat dan utara.

Ketua Komisi III DPRD Gresik Asroin Widyana  mengatakan dari hasil pemantauan bangunan memang sepertinya tidak terencana dengan baik. Sehingga, banyak bangunan yang terlihat dipaksakan. "Misalnya, tangga yang terlalu curam serta pembongkaran sisi kiri pujasera agar bisa tersambung dengan gedung serbaguna," ujarnya.

Saat memantau kondisi bangunan, pihaknya juga menemukan sejumlah tembok bangunan yang mulai retak. Serta ornamen kaca yang dinilai terlalu tipis. "Iya ada yang retak. Meskipun kecil," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyoroti rencana penambahan anggaran untuk pembangunan bagian barat dan utara gedung pujasera. Sebab, pada rapat APBD 2019, dewan sudah merekomendasikan agar pembanguna  gedung dikurangi. "Makanya nanti dilihat saja desainnya seperti apa," terangnya.

Sementara itu, Kepala DPU Kabupaten Gresik Gunawan Setiaji belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi hanya terdengar nada deringnya saja.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Gresik Moh Syafi' AM mengatakan memang ada anggaran tambahan untuk Serbaguna. Nilainya sekitar Rp 3 miliar. "Awalnya pemerintah mengajukan Rp 11 miliar. Tapi hanya kami setujui Rp 3 miliar," ungkapnya.

Terkait rencana pembangunan gedung di sisi barat dan utara pujasera pihaknya secara tegas menolak. Pihaknya meminta agar lahan kosong tersebut dijadikan shelter untuk angkutan ziarah. "Agar tidak bikin macet karena parkir di pinggir jalan," imbuhnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia