Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Bebas dari Rutan Medang, Vanessa Dijemput Ayah dan Ibunya

29 Juni 2019, 12: 18: 48 WIB | editor : Wijayanto

MENERIMA: Vanessa memeluk salah satu kuasa hukumnya saat vonis di PN Surabaya, Rabu (26/6) lalu.

MENERIMA: Vanessa memeluk salah satu kuasa hukumnya saat vonis di PN Surabaya, Rabu (26/6) lalu. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Vanessa Angel akhirnya bisa menghirup udara bebas. Artis sinetron dan FTV yang terlibat dalam kasus prostitusi itu dijemput orang tuanya di Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Sabtu (29/6) hari ini. Vanessa bebas karena masa hukumannya selama lima bulan penjara sudah dijalani.

Ayah Vannesa, Doddy Sudrajat mengatakan, putrinya hanya tinggal menunggu surat pembebasan dari Rutan Medaeng. "Iya, Vanessa sudah bisa bebas dalam satu hari ini. Tinggal tunggu surat pembebasan dari Rutan Medaeng," ucap Doddy Sudrajat

Tentu saja sang ayah mengucap rasa syukur. Sebab, putrinya sudah menjalani hukuman yang cukup lama. Proses persidangan pun berlarut-larut di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. "Ya, saya dan keluarga besar sebagai orang tua mensyukuri saja. Vanessa bebas dan bisa beraktivitas lagi," tambahnya.

Rencananya, Doddy akan menjemput putrinya langsung di Rutan Medaeng. Ia didampingi oleh istrinya. "Rencananya memang gitu. Saya sudah SMS dan telpon ke Echa (sapaan Vanessa, Red) nanti saya dan mamanya siap jemput," katanya.

Sementara itu, Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) Asep Mariyono mengatakan, setelah dilakukan kajian pihaknya memutuskan untuk menerima vonis hakim. Salah satu pertimbangan adalah jumlah hukuman yang sudah melebihi setengah dari tuntutan.

"Kita menyatakan menerima putusan karena salah satu pertimbangannya vonis sudah melebihi setengah dari tuntutan jaksa," katanya.

Asep menambahkan, pihaknya juga sudah menerima salinan putusan Vanessa. Dengan demikian, kejaksaan hanya tinggal membuat berita acara eksekusi.

Kapan Vanessa akan dibebaskan? Asep mengatakan, jika melihat perhitungan sejak ditahan, maka Sabtu (29/6) ini Vannesa sudah dapat dibebaskan dari Rutan Medaeng. "Sabtu bisa dieksekusi," tambahnya.

Sebelumnya, majelis hakim PN Surabaya menjatuhkan vonis lima bulan penjara pada Vanessa Angel. Vanessa saat itu langsung menyatakan menerima putusan. Sedangkan jaksa menyatakan masih pikir-pikir.

Vanessa Angel dijerat pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kasus Vanessa mencuat di awal tahun, setelah Polda Jatim menguak dugaan kasus prostitusi online yang melibatkan para artis dan model. Dalam kasus ini, lima orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni empat orang mucikari dan artis Vanessa Angel. (yua/rek)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia