Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Satu Jam, Polisi Tindak 28 Pelanggaran Lawan Arus

29 Juni 2019, 00: 14: 23 WIB | editor : Wijayanto

Satu Jam, Polisi Tindak 28 Pelanggaran Lawan Arus

SURABAYA - Beberapa kejadian kecelakaan yang menyebabkan fatalitas diawali dengan pelanggaran. Ini dipahami betul oleh Satlantas Polres pelabuhan Tanjung Perak. Salah satu yang menyebabkan kecelakaan tersebut adalah pelanggaran melawan arus.

Untuk itu, polisi getol menindak pelanggaran seperti di Simpang tiga Palmbom, Jalan Perak Barat. Penindakan dilakukan, hanya dalam satu jam saja sudah 28 kendaraan yang ditindak karena melawan arus.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal menuturkan, penindakan ini didasarkan banyaknya keluhan masyarakat mengenai pelanggaran melawan arus di wilayah tersebut. Ini sangat membahayakan karena tidak hanya satu atau dua pengendara saja namun sudah banyak.

Biasanya para pelanggar itu melawan arus saat pagi hari. “Melawan arus sangat berbahaya tidak hanya untuk si pelanggar namun  juga pengendara lain,” terangnya.

Ia mengatakan, terus berupaya meminimalisir terjadinya kecelakaan di wilayahnya. Ia makin tegas menindak pelanggar yang bisa menyebabkan fatalitas. Tidak hanya itu saja, salah satu faktor penyebab kecelakaan juga kurang tertibnya pengendara motor saat hendak berpindah jalur.

Padahal banyak kendaraan besar yang melintas di wilayah Perak. Lalu lalang truk sering dijumpai di jalan tersebut. Pengemudi truk sudah diberi pemahaman dan imbauan terkait keselamatan dalam mengemudi.

Selain iotu, beberapa hari ini ia juga melihat berbagai kasus kecelakaan karena keteledoran pengendara sepeda motor. Banyak pengendara sepeda motor yang berpindah jalur namun tidak berhati-hati. Padahal, kondisi jalan di Perak Barat misalnya tidak rata. Bahkan cenderung bergelombang. Ini rawan membuat selip kendaraan. “Ini penyebab kecelakaan paling banyak,” tuturnya. (gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia