Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

PT PG Ekspor 90 Ribu Ton Pupuk Urea ke India

28 Juni 2019, 16: 32: 08 WIB | editor : Wijayanto

EKSPOR: Petrokimia Gresik terus meningkatkan kinerja ekspor untuk melepas ketergantungan pendapatan pupuk subsidi.

EKSPOR: Petrokimia Gresik terus meningkatkan kinerja ekspor untuk melepas ketergantungan pendapatan pupuk subsidi. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - PT Petrokimia Gresik (PG) terus mendorong kinerja ekspornya. Hal ini dilakukan untuk melepas ketergantungan pendapatan dari pupuk subsidi. Selama periode April-Mei 2019, BUMN pupuk ini mengekspor pupuk urea ke India sebesar 90 ribu ton.

Direktur Produksi PT Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya mengatakan, sepanjang April-Mei 2019 PG telah melakukan ekspor pupuk non subsidi urea mencapai 90 ribu ton ke India. Dipilihnya India karena kebijakan pemerintah setempat menerapkan pupuk tunggal untuk sektor pertaniannya. “India menjadi negara terbesar tujuan ekspor sebab disana kebijakannya petani harus menggunakan pupuk nitrogen base,” katanya.

Selain India, pihaknya juga mendorong ekspornya ke Filipina. Di negara ini, kata Ketut, pihaknya mengekspor pupuk jenis NPK. “Dampak perlambatan ekonomi maupun politik sama sekali tidak mempengaruhi produksi maupun pengiriman pupuk ke luar negeri,” jelasnya.

Ketut menjelaskan, ekspor pupuk yang dilakukan selaras dengan kebijakan holding PT Pupuk Indonesia (Persero). Perusahaan didorong untuk bisa berkontribusi dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional. Karena ekspor akan menyumbang devisa. Ini sekaligus mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

“Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, tidak lepas dari krisis global akibat kebijakan Bank Sentral AS menaikkan suku bunga. Dampaknya dollar AS kembali ke negara asalnya, sehingga melemahkan berbagai mata uang dunia, termasuk rupiah. Dengan melakukan ekspor, kami berharap bisa ikut membantu mengatasi permasalahan tersebut,” tuturnya.

Disamping itu, lanjut Ketut, ekspor pupuk merupakan bentuk pengakuan pelaku bisnis dunia terhadap eksistensi perusahaan. Mengingat saat ini PG merupakan produsen pupuk majemuk terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi NPK mencapai 2,7 juta ton per tahun. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia