Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Penjualan Apartemen Masih Stagnan, Pengembang Naikkan Harga

25 Juni 2019, 18: 11: 20 WIB | editor : Wijayanto

PROMOSI: Markerting apartemen menawarkan kepada pengunjung saat pameran properti beberapa waktu lalu.

PROMOSI: Markerting apartemen menawarkan kepada pengunjung saat pameran properti beberapa waktu lalu. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Tidak berbeda jauh berbeda dari pasar hunian tapak, kondisi pasar apartemen di Gresik mengalami stagnasi. Meski begitu,  sejumlah pengembang berani menaikkan harga walaupun tipis.

General Manager PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP) Ryan Sudrajat mengatakan, pihaknya tidak bisa menaikkan harga tinggi lantaran pasar saat ini sedang wait and see. “Konsumen sedang menunggu hasil pemilihan presiden mendatang sehingga untuk berinvestasi masih wait and see,” ujarnya.

Masih tingginya pasokan apartemen, mengakibatkan tingkat serapan dan harga jual tidak mengalami pertumbuhan signifikan. Itu berdampak pada harga jual yang tak mengalami peningkatan berarti. "Untuk serapan pada kuartal pertama memang masih jauh di bawah target,” paparnya.

Dijelaskan Sudrajat, usai momen lebaran ini propertinya mengalami kenaikan Rp 20 juta. Dari yang semula Rp 280 juta menjadi Rp 300 juta. "Masih banyaknya stok yang belum terserap di pasar membuat posisi tawar konsumen kuat," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu Agent Apartemen Gresik Maria mengatakan perilaku wait and see calon pembeli diprediksi masih akan terjadi sampai akhir tahun ini. "Penjualan kami perkirakan akan mulai bergerak naik tahun 2020 dengan asumsi sudah terpilihnya presiden baru,” tuturnya. 

Kondisi makro ekonomi membaik, nilai tukar yang stabil, serta kebijakan pemerintah baru ke depan juga yang mendukung pasar properti. “Secara rinci, serapan terbesar untuk pangsa apartemen di Gresik berasal dari kelas menengah. Jumlahnya mencapai 70 persen lebih, sedangkan sisanya adalah investor yang ingin menambah propertinya,” tandasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia