Kamis, 24 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Verifikasi Faktual Dewan Pers di Kantor Radar Surabaya Berjalan Lancar

23 Juni 2019, 21: 32: 59 WIB | editor : Wijayanto

SIMBOLIS: Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun (tiga dari kanan) menerima penyerahan berkas verifikasi faktual dari Direktur Radar Surabaya Lilik W

SIMBOLIS: Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun (tiga dari kanan) menerima penyerahan berkas verifikasi faktual dari Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro (tiga dari kiri) didampingi dari kiri; Rudianto, Aries Wahyudianto, Syaefuddin dan Wijayanto. (ARIES WAHYUDIANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Dewan Pers tak henti-hentinya melaksanakan fungsi sebagai lembaga pembina sekaligus pelindung perusahaan pers yang merdeka dan bertanggungjawab. Salah satunya lewat pendataan dan peningkatan kualitas perusahaan pers sesuai pasal 15 ayat 2 UU Pers No 40 Tahun 1999.

Untuk melaksanakan hal itu, Sabtu (22/6), lembaga pimpinan Prof Mohammad Nuh itu melakukan verifikasi faktual ke beberapa perusahaan pers di Surabaya. Salah satunya ke harian pagi Radar Surabaya, grup Jawa Pos.

Tim Dewan Pers terdiri dari Wakil Ketua Hendry Chairudin Bangun dan Sekretaris Dewan Pers Syaefuddin. Mereka berkunjung ke kantor Radar Surabaya di Jalan Kembang Jepun 167 guna melakukan verifikasi faktual, menyusul verifikasi administrasi yang telah terpenuhi sebelumnya secara online.

TELITI: Proses verifikasi berkas administrasi perusahaan pers oleh Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun dan Sekretaris Syaefuddin.

TELITI: Proses verifikasi berkas administrasi perusahaan pers oleh Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun dan Sekretaris Syaefuddin. (ARIES WAHYUDIANTO/RADAR SURABAYA)

Tim Dewan Pers ditemui langsung oleh Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro,  Penanggungjawab Perusahaan Aries Wahyudianto, Pemred Rudianto, Korlip dan Redpel Edisi Minggu Nofilawati Anisa dan Penanggungjawab/Koordinator Radar Surabaya Online, Wijayanto.

Dalam kunjungan tersebut, Hendry Ch Bangun menyampaikan bahwa menjadi tugas Dewan Pers sesuai amanat undang-undang untuk mendata dan meningkatkan kualitas perusahaan pers guna menjamin produk pemberitaan yang bermutu dan berimbang.

“Selain itu, masyarakat dan nara sumber juga harus tahu mana perusahaan yang benar dan mana yang tidak,” katanya. Karena itu, perlu dilakukan sertifikasi perusahaan pers sebagaimana sertifikasi profesi wartawan yang juga menjadi tanggung jawab Dewan Pers.

Setelah itu, tim meneliti satu per satu berkas administrasi yang menjadi persyaratan verifikasi. Salah satunya adalah akta pendirian perusahaan PT Radar Media Surabaya yang menaungi harian Radar Surabaya.

Saat itu, tim meneliti betul pasal 3 dari akta perusahaan yang mencantumkan tentang bidang usaha yang dijalani. Dalam salinan akta yang juga dilampirkan surat pengesahan badan hukum dari Kemenkumham itu, tim menemukan bahwa memang betul bidang kerja yang dijalani PT Radar Media Surabaya sudah sesuai dengan ketentuan dalam pasal 3 akta perusahaan.

Setelah itu, tim meneliti berkas lain seperti perjanjian kerja karyawan, proses penggajian, pemberian jaminan kerja, SOP perlindungan wartawan dan lain-lain yang tercantum dalam peraturan perusahaan. “Semua sudah dilengkapi dalam peraturan (perusahaan) ini,” ucap Syaefuddin yang juga kepala sekretariat Dewan Pers.

Selain itu, Dewan Pers juga memberikan rekomendasi kepada Radar Surabaya berupa pembentukan tim ombudsman dan penanggung jawab perusahaan yang berkompetensi wartawan utama yang langsung dipenuhi oleh manajemen.

Untuk melengkapi verifikasi berkas perusahaan, selanjutnya tim juga memeriksa dan mengambil gambar beberapa ruangan di kantor Radar. Antara lain, tim mengambil gambar ruang kerja redaksi, ruang rapat redaksi, dan beberapa ruangan lainnya. Tim tampak kagum dengan kantor Radar Surabaya yang merupakan bangunan cagar budaya tersebut.

Usai verifikasi, Hendry Ch Bangun mewakili Dewan Pers menerima berkas kelengkapan verifikasi faktual dari Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro. Tim Dewan Pers membalasnya dengan memberikan tiga buku panduan pers sehat. Antara lain berjudul; Standar Kompetensi Wartawan, Buku Saku Wartawan dan sebuah buku inspiratif melawan berita hoax karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel berjudul Blur. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia