Senin, 09 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Tilap Uang Rp 3 M, Mafia Tanah Kavling Bodong di Desa Seketi Diringkus

21 Juni 2019, 18: 21: 07 WIB | editor : Wijayanto

ABAL-ABAL: Kasatreskrim Kompol M Haris (dua dari kiri) menunjukkan tersangka dan barang bukti penipuan tanah kavling kepada wartawan.

ABAL-ABAL: Kasatreskrim Kompol M Haris (dua dari kiri) menunjukkan tersangka dan barang bukti penipuan tanah kavling kepada wartawan. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil mengungkap kasus jual beli tanah kavling di Desa Seketi, Kecamatan Balongbendo. Heru Susanto, 35, warga Kediri, diringkus polisi dan ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan tanah kavling dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 2-3 miliar.

Heru merupakan direktur dari PT Waringin Karya Samudra (WKS) yang merupakan pihak penjual tanah kavling yang akan dibangun perumahan dengan nama De Millenium itu.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris mengatakan, untuk meyakinkan aksinya, tersangka telah menyiapkan sejumlah perlengkapan. Di antaranya brosur, tanah di Desa Seketi yang sudah dipasang spanduk, peta tanah kavling yang sudah dijual, hingga surat izin perusahaan.

"Modusnya, tersangka membeli sebidang tanah, terus diputar lagi untuk membeli tanah baru," terang Haris. Dari aksi penipuan yang telah dilakukan selama tahun 2016 itu, tercatat sudah lebih dari 50 orang yang menjadi korban.

"Mereka juga sudah ada yang transfer uang pembayaran tanah. Mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 200 juta," imbuh Harris.

Kasus ini mencuat setelah para korban menagih tanah kavling yang sudah dibayar namun tak kunjung ada rupanya. Apalagi di lokasi yang dijanjikan, tanah itu masih berbentuk lahan kosong dan belum diuruk. Kesal hanya dijanjikan terus, para korban pun melapor ke polisi.

Dari laporan para korban itulah, polisi langsung bergerak dan berhasil meringkus tersangka. Barang bukti uang tunai sebesar Rp 200 juta juga sudah diamankan polisi. (son/jay)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia