Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Regulasi Rujukan Berjenjang, Pasien Rawat Jalan Membeludak

19 Juni 2019, 15: 33: 31 WIB | editor : Wijayanto

PENUH: Antrean pasien rawat jalan di Rumah Sakit Anwar Medika Balongbendo.

PENUH: Antrean pasien rawat jalan di Rumah Sakit Anwar Medika Balongbendo. (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Layanan rawat jalan di Rumah Sakit Anwar Medika semakin meningkat. Setiap harinya ratusan pasien rela mengantre untuk mendapatkan giliran pemeriksaan.

Direktur Anwar Medika, dr Nungky Taniasari, M ARS  mengatakan, setiap hari ada 750 pasien yang datang ke poli rawat jalan. “Mereka yang datang sudah ambil nomor antrean satu hari sebelumnya,” kata Nungky.

Nungky menceritakan, pasien tak hanya datang dari wilayah Sidoarjo. Tapi juga Mojokerto dan Gresik. Sebelum datang, pasien dapat mengambil nomor antrean secara online. “Kalau tidak periksa di hari yang dipilih, nomor tersebut hangus dan harus ambil lagi,” imbuhnya.

Pasien rawat jalan, semakin bertambah sebab adanya regulasi rujukan berjenjang dari BPJS Kesehatan. “Kita dapat rujukan dari banyak Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Taman, Sukodono, Prambon, Krian,  Barengkrajan Wringinanom, Driyorejo,” ujar Nungky lagi.

Pasien rujukan salah satunya adalah ibu hamil yang mengalami gangguan pada kehamilannya. Melalui rekam medik yang terdapat pada aplikasi “Si Cantik”, hasil pemeriksaan ibu hamil bisa diketahui. “Rumah sakit lebih mudah melakukan tindakan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, drg Syaf Satriawarman mengungkapkan, rumah sakit yang menjadi rujukan ibu hamil, bisa mengambil tindakan dari rekam medis pemeriksaan rutin. “Mulai dari awal ibu hamil tersebut periksa, sudah terekam semuanya,” ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan rumah sakit barat memang sangat diperlukan. Apalagi untuk menampung pasien di kawasan barat yang belum memiliki rumah sakit plat merah. “Alternatifnya ada rumah sakit swasta yang pelayanannya juga sudah memenuhi standar,” pungkasnya. (rpp/vga)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia