Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Penyaluran Kredit setelah Pemilu Dipatok Tumbuh 12 Persen

14 Juni 2019, 17: 56: 05 WIB | editor : Wijayanto

Kepala OJK Jatim Heru Cahyono

Kepala OJK Jatim Heru Cahyono (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jatim mendorong kinerja penyaluran kredit perbankan pada semester II tahun ini, bisa di atas 9 persen. Hal ini sejalan dengan perkiraan kondisi perekonomian setelah pemilu dan Lebaran yang menujukkan tren positif.

Kepala OJK Jatim Heru Cahyono mengatakan, penyaluran kredit tahun ini diperkirakan masih akan tumbuh sesuai dengan rencana bisnis perbankan. Meski pada semester I sempat slow down karena adanya agenda politik dan Lebaran. "Kami perkirakan penyaluran kredit perbankan di Jatim bisa di atas 9 persen. Tapi akan kita dorong terus. Kalau bisa tumbuhnya 12 persen," terangnya.

Heru menuturkan, pihaknya juga kerap menggelar pertemuan-pertemuan dengan perbankan untuk memantau perkembangan kinerja bank setiap kuartal. Termasuk melakukan evaluasi jika ada kondisi yang terlalu jauh dari rencana kerja bank.

"Kita terus melakukan evaluasi perkembangan bank seperti apa. Artinya kami mengharapkan agar pertumbuhan bank itu, juga tetap memperhatikan faktor kehati-hatian atau risiko dalam penyaluran kredit," urai Heru.

Menurutnya, hingga saat ini perbankan di Jatim sudah hampir menyentuh seluruh sektor usaha dalam penyaluran kredit. Termasuk sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang diharapkan memiliki porsi 20 persen dari total penyaluran kredit perbankan.

"Saya pikir sudah hampir semua sektor tergarap. Nanti yang paling memberikan kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat, ya tentunya ada sektor UMKM ini harus tergarap dengan baik," imbuhnya. (cin/opi)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia