Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Anggaran Pilkada Serentak 2020 Harus Mulai Dicicil

13 Juni 2019, 17: 02: 38 WIB | editor : Wijayanto

Anggaran Pilkada Serentak 2020 Harus Mulai Dicicil

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur meminta dan mendorong kepada Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada serentak pada 2020 untuk segera mulai mencicil atau mengangsur anggaran untuk  Pilkada serentak pada bulan September 2020.

Data dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Setdaprov Jatim, setidaknya ada 19 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun depan. Seluruh daerah yang menggelar Pilkada tersebut setidaknya sudah mulai menganggarkan di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) di tahun anggaran 2019.

"Jadi saya persiapkan sosialisasinya daerah untuk segera lakukan penganggaran. Di PAK sudah bisa anggarakan. Pilkada 2020 bisa dicicil di PAK 2019 untuk anggarannya," kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Setdaprov Jawa Timur, Indah Wahyuni.

Menurut Yuyun, sapaan akrab Indah Wahyuni,  rencananya sosialisasi untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 mulai dilakukan dalam waktu dekat ini. Mengingat beberapa daerah sudah mulai membahas PAK, Juli 2019.

Dengan begitu ada waktu untuk memasukkan sebagian anggaran Pilkada. Sisa kekurangan anggaran Pilkada serentak dimasukkan dalam APBD 2020 untuk meringankan daerah.

Yuyun merinci, yang perlu diperhatikan pembiayaan Pilkada yakni, biaya penyelenggaraan oleh KPU, anggaran pengawasan di Bawaslu, dan keamanan di kepolisian. "Anggarannya murni dari APBD kabupaten/kota, jadi mereka harus mulai menggarkan itu," ujarnya.

Pemprov Jawa Timur, lanjut Yuyun, hanya bersifat pembinaan. Pihaknya nenyediakan desk Pilkada tanpa ikut mendanai. Semua anggaran murni diambilkan dari APBD kabupaten/kota. (mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia