Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Jelang Penutupan Pendaftaran , Banyak CPDB Ubah Pilihan Sekolah

13 Juni 2019, 15: 39: 48 WIB | editor : Wijayanto

MENGULAR: Antrean di helpdesk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo, Rabu (12/6).

MENGULAR: Antrean di helpdesk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo, Rabu (12/6). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Hari ini Kamis (13/6) menjadi hari terakhir Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi siswa SMP. Sehari sebelum penutupan, Rabu (12/6) lantai dua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo disesaki wali murid.

Hingga siang pukul 14.00 nomor antrian sudah mencapai 200 orang. Sedangkan yang terpanggil baru nomor 80. Kedatangan mereka ke Dikbud ini dengnan beragam alasan. Ada yang datang untuk mengubah pilihan sekolah. Bahkan ada juga yang datang untuk meminta pindah jalur. Semula dari jalur zonasi umum ke zonasi siswa tidak mampu.

Seperti Arizal Apriliansyah, yang merupakan alumnus salah satu sekolah di kawasan Sukodono. Sebelumnya pada Selasa (11/6) dia telah mendaftar PPDB jalur zonasi umum. Namun kemarin dia berubah pikiran. “Ingin pindah jalur, biar aman,” ujar remaja 13 tahun itu.

Dia telah memilih dua sekolah yakni SMPN 2 Sukodono dan SMPN 2 Wonoayu. Di pilihan pertama, Arizal berhasil mengumpulkan 73 poin, di pilihan kedua 83 poin.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi menjelaskan, siswa bisa mengubah pilihan sekolah. Namun hanya dalam kurun waktu 12 jam sebelum penutupan. Sedangkan untuk mengubah jalur, Tirto menegaskan tidak bisa. "Hanya bisa ubah pilihan sekolah," tegasnya.

Hal itu karena satu token hanya bisa digunakan untuk satu kali pendaftaran. Setelah itu tidak bisa mencabut kembali pilihan jalur pendaftarannya. Kecuali untuk pilhan sekolah.

PPDB jalur zonasi ini berakhir pukul 00.00 di hari Kamis (13/6). Pengumuman verifikasi dan validasi data dilaksanakan pada Jumat (14/6) pukul 14.00 dan pengumuman akhirnya bisa diakses di laman ppdb  SMP smp-ppdbsidoarjo.net atau di papan pengumuman sekolah tujuan pada Sabtu (22/6) pukul 14.00. (rpp/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia