Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Percikan Api Hanguskan Gudang Oli di Tambak Sawah

13 Juni 2019, 15: 01: 50 WIB | editor : Wijayanto

SULIT DIKENDALIKAN: Petugas PMK berupaya melakukan pembasahan.

SULIT DIKENDALIKAN: Petugas PMK berupaya melakukan pembasahan. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Kebakaran terjadi di gudang oli PT Surabaya Jadi Jaya, Kompleks Pergudangan JJ Permata Jabon, Tambak Sawah, Kecamatan Waru, Rabu (12/6) siang. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolsek Waru Kompol Saibani mengungkapkan, kebakaran diduga berasal dari percikan api mesin alkon (mesin sedot). Kebakaran sekitar pukul 10.30 tersebut menghanguskan sejumlah barang di dalam gudang. “Api mudah membesar,” katanya.

Awal mula api, diduga saat salah satu karyawan sedang memasang kran pada mesin alkon. Tanpa sengaja, selang oli di mesin tersebut terlepas. Akibatnya, oli muncrat dan berceceran di sekitar mesin. Tiba-tiba saja percikan api muncul dari knalpot mesin.

Api semakin membesar setelah menyambar percikan oli yang tercecer di sekitaran mesin. Api pun merembet ke sejumlah barang yang ada di gudang. "Banyak oli di dalam gudang jadi api mudah membesar," ujarnya.

Mantan kapolsek Krian itu menyebutkan, meski api sempat membesar namun tidak ada korban jiwa. Api berhasil dijinakkan setelah delapan unit mobil PMK tiba di lokasi kejadian. "Api padam sekitar pukul 11.45," imbuhnya.

Saibani juga mengimbau kepada agar lebih waspada saat bekerja. Diharapkan prosedur keselamatan dalam bekerja dapat diperhatikan. Hal itu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. (son/vga)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia