Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Diduga Korupsi Aset Pemkot, Lima Pejabat YKP Dicekal

13 Juni 2019, 14: 31: 14 WIB | editor : Wijayanto

KUMPULKAN BUKTI: Tim penyidik Kejati Jatim membawa berkas dugaan korupsi dari kantor YKP dan PT Yekape di Jalan Sedap Malam, Surabaya.

KUMPULKAN BUKTI: Tim penyidik Kejati Jatim membawa berkas dugaan korupsi dari kantor YKP dan PT Yekape di Jalan Sedap Malam, Surabaya. (YUAN ABADI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Upaya mengungkap dugaan korupsi triliuan di Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Surabaya terus dikebut. Setelah melakukan penggeledahan di kantor YKP dan PT Yekape, langkah penyidik selanjutnya adalah mencekal lima pejabat YKP.

Surat pencekalan tersebut sudah dikirimkan ke pihak Imigrasi. Langkah penyidik tersebut dibenarkan Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim Didik Farkhan. Dia mengatakan bahwa lima pejabat tersebut dicekal untuk kepentingan penyidikan.

Surat pencekalan itu sudah dikirimkan ke imigrasi lewat Asisten Intelen Kejati Jatim. “Surat pencekalan sudah berlaku mulai hari ini (Rabu, 12/6),” ungkap Didik Farkhan.

Didik menyebut kelima pejabat atau pengurus YKP tersebut. Mereka adalah Surjo Harjono, Mentik Budiwijono, Sartono, Chairul Huda dan Catur Hadi Nurcahyo. Kelimanya perlu dimintai keterangan sebagai saksi dalam dugaan kasus korupsi di tubuh YKP.

Selain mempermudah proses penyidikan, menurut Didik, pencekalan dilakukan agar para pengurus, khususnya lima pejabat itu tidak melarikan diri ke luar negeri.

"Ada kekuatiran penyidik bahwa nanti proses penyidikan akan ada kendala bila mereka ada yang melarikan diri. Untuk mencegah itu, kami putuskan untuk melakukan pencekalan terhadap mereka" jelasnya.

Apakah pencekalan itu tanda-tanda Kejati Jatim akan segera menetapkan sebagai tersangka? Jaksa Kelahiran Bojonegoro itu tidak mau berspekulasi.

"Kami tunggu hasil penyidikannya seperti apa, saya tak bisa menduga-duga, namun jika memang terbukti maka akan langsung ditetapkan sebagai tersangka," pungkasnya. (yua/rud)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia