Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Momen Lebaran, Trafik Data XL Naik 24 Persen

12 Juni 2019, 17: 50: 31 WIB | editor : Wijayanto

MENINGKAT DRASTIS: Teknisi XL Axiata memastikan semua layanan berjalan dengan baik sebagai langkah antisipasi untuk meningkatkan kapasitas baik di jar

MENINGKAT DRASTIS: Teknisi XL Axiata memastikan semua layanan berjalan dengan baik sebagai langkah antisipasi untuk meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio selama Lebaran 2019. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - PT XL Axiata berhasil melalui masa krusial periode Lebaran, yakni selama H-1 sampai dengan H+1 Lebaran 2019. Bahkan pihaknya mencatatkan adanya peningkatan pada trafik layanan data yang mencapai 24 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. Sedangkan jika dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57 persen.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan, selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3 perssn dibandingkan hari biasa. Namun demikian, layanan percakapan atau voice cenderung mengalami penurunan. Menurutnya, hal ini dikarenakan adanya perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data.

"Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika kami bisa memastikan semua berjalan baik, maka pelanggan akan nyaman dan trafik dengan sendirinya juga meningkat," terangnya.

Yessie menyampaikan, mencermati lonjakan trafik data yang terjadi dibandingkan hari-hari normal, pelanggan terlihat sangat nyaman dalam menggunakan semua jenis layanan. Untuk trafik mengakses ke layanan pesan berbasis data (instant messaging) seperti WhatsApp, Line secara rata-rata meningkat meningkat sebesar 48 persen.

Sedangkan akses layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram meningkat 17 persen, streaming video dan sebagainya meningkat sebesar 22 persen. Dan Lebaran tahun ini juga mulai menunjukkan naiknya akses games sebesar 15 persen.

Sementara, untuk aktivitas pembelian online selama Lebaran 2019 juga mengalami perubahan pola dibandingkan Lebaran 2018. "Bila Lebaran 2018, situs Lazada paling banyak diakses pelanggan, maka selama Lebaran 2019, Shopee menjadi situs belanja online yang paling banyak diakses pelanggan, disusul Bukalapak dan Tokopedia," ungkap Yessie.

Yessie menambahkan, berdasarkan data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal. Seperti pusat perbelanjaan meningkat 6 persen, lokasi wisata naik 9 persen, bandara naik 5 persen, dan stasiun kereta rata-rata naik 12 persen.

"Yang juga menarik untuk diketahui, seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan Tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6 persen dibandingkan hari normal di luar masa mudik," imbuhnya. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia