Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Puluhan Desa Protes Pemadaman Listrik Bergilir di Bawean

12 Juni 2019, 13: 59: 16 WIB | editor : Wijayanto

RUSAK : Salah satu mesin PLTD PLN Bawean rusak sehingga aliran listrik ke sejumlah desa padam.

RUSAK : Salah satu mesin PLTD PLN Bawean rusak sehingga aliran listrik ke sejumlah desa padam. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

BAWEAN – Puluhan desa di Pulau Bawean mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Ini terjadi setelah salah satu mesin Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) mengalami kerusakan. Pemadaman bergilir bakal dilakukan selama satu pekan.

Kondisi ini membuat sejumalah masyarakat melayangkan protes. Mereka meminta agar rencana pemadaman listrik dibatalkan. “Kami sudah berkirim surat kepada PLN agar rencana pemadaman tidak dilakukan,” ujar Guntur, warga Tambak.

Menurut dia, pemadaman listrik sangat mengganggu masyarakat Pulau Bawean. Sebab, kebutuhan listrik sangat penting terutama desa-desa yang sedang ada banyak kegiatan. “Pemadaman seharusnya menyesuiakan dengan kegiatan di desa. Sehingga, tidak mengganggu masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Camat Sangkapura Samsul Arifin membenarkan jika ada pemadaman bergilir yang dilakukan PLN. Surat pemadaman bergilir sudah dikirimkan kepada seluruh pemerintahan desa. “Iya memang ada pemadanam bergilir,” ujarnya.

Terkait dengan protes yang dilayangkan masyarakat pihaknya belum tahu. Pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN terkait hal tersebut. “Kami koordinasikan dengan PLN dulu terkait hal tersebut,” terang dia.

Dikatakan, alasan PLN melakukan pemadaman listrik bergilir lantaran adanya kerusakan salah satu mesin PLTD. Sehingga, terjadi defisit daya pada saat beban puncak pukul 17.30 hingga pukul 21.30. “Makanya dilakukan pemadaman bergilir pada jam tersebut. Pemadaman dilakukan sejak Senin kemarin hingga Senin pekan depan,” imbuh dia. 

Manajemen PT PLN Unit Pelayanan Bawean maupun APJ Gresik belum bisa dikonfrimasi. beberapakali nomor HP pimpinan PLN dihubungi tidak terangkat. Begitu pula ketika mengkonfirmasi ke Fenny, Humas PT PLN Distribusi Jawa Timur telepon genggamnya juga tidak diangkat. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia