Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Diduga Kena Api Rokok, Puluhan Gerobak dan Gubuk PKL Ludes Dilalap Api

12 Juni 2019, 08: 12: 26 WIB | editor : Wijayanto

KEBAKARAN: Puluhan gerobak PKL yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim ludes di lalap si jago merah.

KEBAKARAN: Puluhan gerobak PKL yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim ludes di lalap si jago merah. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Gresik. Kali ini menimpa sebuah gubuk semi permanen yang berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim. Tidak hanya membakar gubuk yang terbuat dari kayu, api juga melahap sebuah sepeda motor Honda Supra nopol S 5290 AZ dan gerobak.

Anis Susilowati, 62, saksi mata kejadian mengatakan, dirinya tidak mengetahui penyebab kebakaran namun yang pasti dia melihat bahwa api berkobar dari dalam gubuk sekitar pukul 13.45. Melihat hal itu, Anis langsung berteriak dan memberitahu warga disekitar kejadian.

“Api berasal dari ruang tengah. Jadi saya pastikan bukan akibat elpiji meledak atau kompor seperti informasi yang beredar,” katanya.

Dikatakan, api dengan cepat membakar seluruh isi gubuk yang terbuat dari triplek itu. Kencangnya angin juga membuat sebuah sepeda motor bebek terbakar.

Anehnya pemilik gubuk yang diketahui bernama Yahya, warga Bangkalan Madura langsung menghilang setelah mengetahui gubuk dan beberapa rombong milik PKL terbakar. “Padahal tadi ada dan sempat membantu memadamkan api meskipun sebentar,” imbuhnya.

Tidak berselang lama, dua unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) dari Pemkab Gresik datang ke lokasi kejadian. Namun api baru bisa dikendalikan 20 menit kemudian.

Kepala Seksi PMK Dinas Satpol PP Gresik, Eka Prapangasta mengaku penyebab kebakaran dipastikan bukan diakibatkan oleh kompor atau korsleting listrik.

“Dugaan kami sementara dikarenakan puntung rokok atau obat nyamuk bakar. Namun untuk kepastiannya bisa ditanyakan ke pihak kepolisian,” kata Eka.

Kanit Reskrim Polsek Gresik, Iptu Yoyok Mardi saat ditemui di lapangan belum bisa menyimpulkan dugaan penyebab kebakaran. Namun dia sudah memanggil beberapa saksi ke kantor untuk dimintai keterangan.

“Beberapa saksi yang kami periksa mengatakan tadi ada yang bakar-bakar sampah. Namun hal ini masih harus diteliti sebab lokasi pembakaran sampah berada jauh dari TKP kebakaran,” terang Yoyok. (fir/rof)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia