Minggu, 16 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Hari Ini USBN Diumumkan, Nilai Tertinggi Diraih Sekolah Pinggiran

12 Juni 2019, 06: 52: 14 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi USBN

Ilustrasi USBN (DOK/JPNN)

Share this      

SIDOARJO - Hari ini Rabu (12/6), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo mengumumkan hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi 27.431 siswa di 550 sekolah dasar.

Dari hasil USBN tersebut, diketahui peringkat siswa dan sekolah dengan perolehan nilai terbaik tak lagi didominasi sekolah favorit di tengah kota. 

Sekolah dengan perolehan rata-rata terbaik di peringkat pertama dipegang oleh SDN Pagerngumbuk 2 dengan total nilai 296. Disusul SDN Wonokalang pada peringkat kedua dengan total nilai 295,98 dan SDN Gelam 2 di peringkat ketiga dengan total nilai 294,01. (selengkapnya lihat grafis)

Selain itu, siswa dengan perolehan nilai terbaik didominasi nilai kembar. Satu siswa dari SDN Sepande memperoleh nilai tertinggi dengan total 298,6. Untuk peringkat dua hingga enam nilai kembar dengan nilai 298.

Kepala Bidang Sekolah Dasar Dikbud Sidoarjo Bambang Eko Wiroyudho mengatakan,  hasil USBN yang bagus merata di semua sekolah. Artinya  kejujuran siswa dalam mengerjakan USBN sangat tinggi.

“Itu membuktikan, bahwa semua sekolah favorit. Tergantung muridnya saja, jika mau belajar, hasilnya juga bagus,” ujarnya. 

Tidak hanya itu, menurut dia ada beberapa faktor pendukung lain.  Seperti kemampuan belajar murid, latihan USBN melalui beberapa kali try out yang diadakan Dikbud ataupun sekolah secara mandiri.

Juga ditambah dengan upaya guru untuk memberikan materi yang ikut mempengaruhi hasil USBN siswa. Sebab, guru yang mengajar siswa kelas enam merupakan guru pilihan dari Dikbud.

“Mereka semua pilihan. Ketika ditunjuk ada yang bersedia, ada yang tidak. Alasannya tanggungjawabnya lebih besar,” imbuhnya. 

Sebelumnya, USBN SD dilaksanakan pada 22 hingga 24 April lalu. Mengujikan tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Soal USBN tersebut terdiri dari pilihan ganda dengan bobot nilai 75 persen dan uraian sebesar 25 persen.

Siswa mendapat dua lembar jawaban, yaitu lembar jawaban komputer (LJK) untuk pilihan ganda dan lembar jawaban khusus uraian. (rpp/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia