Selasa, 18 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Manasik Haji Dimulai, 2.145 CJH Dibagi Dua Gelombang

12 Juni 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Wijayanto

PERSIAPAN: Calon Jamaah Haji saat perekaman data paspor beberapa waktu lalu. Hari ini CJH akan mendapatkan pembekalan sekaligus manasik haji.

PERSIAPAN: Calon Jamaah Haji saat perekaman data paspor beberapa waktu lalu. Hari ini CJH akan mendapatkan pembekalan sekaligus manasik haji. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Kementerian Agama Sidoarjo hari ini mulai memberikan bimbingan manasik. Tahun ini ada 2.145 Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan diberangkatkan menuju tanah suci. 

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Sidoarjo Rohmad Nasrudin mengatakan, manasik haji itu akan dibagi menjadi dua sesi. Gelombang pertama dilakukan mulai hari ini dan Kamis (13/6) besok. Sedangkan untuk gelombang kedua akan dilakukan saat akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu. 

Pemberian bimbingan tersebut sengaja dibagi menjadi dua gelombang. Hal itu lantaran jumlah calon jamaah haji asal Sidoarjo begitu banyak. "Maka untuk mempermudah bimbingan kami bagi dua," terangnya.

Menurut Rohmad, untuk memberikan pemahaman mengenai manasik haji, perlu dilakukan secara serius. Tujuannya agar para CJH dapat memahami dan mengerti tata cara jamaah haji mulai keberangkatan hingga nantinya akan kembali ke Indonesia.

Rencananya, bimbingan yang mulai dilakukan pada hari ini berlangsung sejak pukul 08.00 di Gedung Sidoarjo Community Center (SCC). Pembukaan bimbingan manasik haji tersebut akan dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. 

Bimbingan tersebut meliputi kebijakan, tata cara ibadah, kesehatan, hingga tata cara keselamatan penerbangan. "Semuanya lengkap akan kami bimbing mereka," tambahnya. 

Untuk itu, pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa instansi. Seperti kantor wilayah (kanwil) Kementerian Agama Jawa Timur, Dinas Kesehatan hingga, tim internal dari kemenag Sidoarjo. "Nantinya dari kanwil juga hadir terkait dengan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji," ujarnya. 

Sebelumnya, Rohmad mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat internal pada Selasa (11/6) kemarin. Dapat itu dilakukan untuk memastikan persiapan bimbingan manasik haji yang akan dilakukan hari ini hingga 3 hari kedepan. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia